#2 Pengertian Jumlah Uang Beredar (JUB)

Loading...
#2 pengertian jumlah uang beredar (JUB) akan dibahas lengkap pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Definisi Jumlah Uang Beredar yang disingkat dengan JUB yang akan di bahas didalam materi pendidikan ekonomi adalah antara lain :

1. Pengertian jumlah uang beredar (JUB).
2. Jumlah uang beredar (JUB) dalam arti sempit.
3. Jumlah uang beredar dalam arti luas.

Pengertian jumlah uang beredar (JUB)

Jumlah uang beredar atau disingkat dengan JUB adalah uang yang berada di tangan masyarakat, dengan kata lain uang fisik yang dipegang oleh masyarakat secara menyeluruh. Akan tetapi definisi tentang jumlah uang beredar (JUB) ini terus mengalami perkembangan, seiring dengan perkembangan perekonomian oleh suatu negara.

#2 Pengertian Jumlah Uang Beredar (JUB)
Baca juga : Teori Permintaan Uang Klasik
Adapun cakupan mengenai definisi jumlah uang beredar (JUB) di negara-negara maju pada umumnya lebih luas dan kompleks jika dibandingkan dengan negara yang sedang berkembang (NSB). Berikut ini merupakan #2 pengertian jumlah uang beredar (JUB) dalam arti sempit dan dalam arti luas yang dapat di uraikan sebagai berikut :

Jumlah uang beredar (JUB) dalam arti sempit (narrow money)

Pengertian jumlah uang beredar yang paling sempit atau yang sering disebut dengan istilah narrow money adalah daya beli yang secara langsung dapat digunakan untuk proses pembayaran atau bisa diperluas dengan mencakup kedalam alat-alat pembayaran yang mendekati uang, misalnya adalah seperti deposito berjangka dan tabungan.

Narrow money yang pada biasanya disimbolkan dengan simbol M1 terdiri dari :
1. Uang tunai atau kartal (Currency)
Uang kartal adalah uang dengan jenis kertas dan uang logam yang ada ditangan masyarakat umum (uang fisik yang dipegang masyarakat).
2. Uang giral (Demand Deposit)
Uang giral adalah uang dengan jenis digital atau dengan kata lain yang mencakup saldo rekening koran atau giro yang dimiliki oleh masyarakat umum yang disimpan di bank (uang non fisik yang disimpan di bank dan masyarakat hanya memegang dalam bentuk rekening koran atau rekening giro), dimana,
M1 = C + D
Keterangan :
C = Currency (yang berarti uang kartal dalam bentuk kertas dan logam).
D = Demand Deposits (yang berarti uang giral dalam bentuk rekening koran/giro).

Jumlah uang beredar dalam arti lebih luas (Broad Money)

Pengertian jumlah uang beredar dalam arti lebih luas atau yang sering disebut dengan istilah (Broad Money) adalah jumlah uang beredar (JUB/Narrow Money/M1) ditambah dengan deposito berjangka dan tabungan milik masyarakat pada bank-bank, dimana :
M2 = M1 + TD + SD
Keterangan :
TD = Time deposits (deposito berjangka).
SD = Savings deposits (saldo tabungan).

Kemudian definisi uang beredar yang lebih luas lagi adalah M3 yang mencakup seluruh time deposits (TD) dan savings deposits (SD), besar dan kecil, rupiah atau dollar milik penduduk yang terdapat pada bank atau pada lembaga keuangan non bank (uang kuasi), dimana :
M3 = M1 + QM
Keterangan :
QM = uang kuasi.

Demikian pembahasan mengenai #2 pengertian jumlah uang beredar (JUB).
Loading...
Loading...