#2 Unsur Karya Seni Kriya, Jenis Seni Rupa Terapan Dan Contohnya

Loading...
#2 unsur karya seni kriya, jenis-jenis seni rupa terapan dan contohnya akan dibahas lengkap pada materi pelajaran seni budaya sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang unsur seni kriya dan jenis-jenis karya seni rupa terapan dalam Mengidentifikasi Seni Rupa Terapan Nusantara yang akan di bahas didalam materi pendidikan seni budaya dan keterampilan adalah antara lain :

1. #2 unsur karya seni kriya.
2. Jenis-jenis seni rupa terapan nusantara.
3. Contoh-contoh karya seni rupa terapan.

Unsur karya seni kriya

Didalam seni kriya mengutamakan terapan atau fungsi, maka dari itu sebaiknya harus terpenuhi dengan beberapa syarat-syarat yang berupa antara lain sebagai berikut :

#1. Utility (aspek kegunaan)
Aspek kegunaan dari karya seni kriya memiliki 3 unsur yaitu antara lain dapat diuraikan sebagai berikut :
#2 Unsur Karya Seni Kriya, Jenis Seni Rupa Terapan Dan Contohnya
1. Keamanan
Keamanan adalah jaminan tentang keamanan orang menggunakan barang-barang itu.
2. Kenyamanan
Kenyamanan adalah enaknya digunakan. Barang yang enak digunakan disebut barang terap. Barang-barang terapan adalah barang yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
3. Fleksibel
Fleksibilitas adalah keluwesan penggunaan. Barang-barang seni kriya adalah barang terap yaitu barang yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Barang tetap dipersyaratkan memberi kemudahan dan keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya.
Baca juga : Pengertian dan Contoh Seni Rupa Terapan Nusantara
#2. Estetika (syarat keindahan)
Sebuah barang terapan betapa pun enaknya dipakai, jika tidak enak dipandang maka pemakai barang itu tidak merasa puas. Keindahan dapat menambah rasa senang, nyaman dan puas bagi pemakainya.

Dorongan orang untuk memakai atau menggunakan, memiliki dan menyenangi bahkan menyayangi menjadi lebih tinggi jika barang itu diperindah dan berwujud estetik.

Jenis-jenis seni rupa terapan nusantara

Dibawah ini adalah #2 jenis seni rupa terapan nusantara yang dibedakan berdasarkan dimensi dan bahan dasar. Kedua pengelompokan jenis seni rupa terapan nusantara tersebut dapat diuraikan lengkap sebagai berikut :

#1. Berdasarkan dimensi
Berdasarkan dimensi seni rupa terapan nusantara, karya seni rupa dibagi menjadi dua, yaitu antara lain sebagai berikut :

a. Karya seni rupa 2 dimensi
Karya seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar atau karya yang hanya dapat dilihat dari satu arah pandang saja.

Contoh karya seni rupa 2 dimensi

Contoh karya seni rupa 2 dimensi adalah antara lain sebagai berikut :
1. Seni lukis.
2. Seni grafis.
3. Seni ilustrasi.
4. Relief dan lain sebagainya.

b. Karya seni rupa 3 dimensi
Karya seni rupa 3 dimensi adalah suatu karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang.

Contoh karya seni rupa 3 dimensi

Contoh karya seni rupa 3 dimensi adalah antara lain sebagai berikut :
1. Seni patung.
2. Seni kriya.
3. Seni keramik.
4. Seni arsitektur dan berbagai desain produk.

#2. Berdasarkan bahan dasar
Berdasarkan bahan dasar seni rupa terapan nusantara, karya seni rupa dibagi menjadi enam, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Seni kerajinan kulit
Seni kerajinan kulit adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah dimasak, kulit mentah atau kulit sintesis. Contoh seni kerajinan kulit adalah antara lain seperti tas, sepatu, wayang dan lain-lain.

2. Seni kerajinan logam
Seni kerajinan logam adalah kerajinan yang menggunakan bahan-bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak. Sedangkan teknik yang digunakan didalam seni kerajinan logam biasanya menggunakan sistem cor, ukir, tempa atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Contoh seni kerajinan logam adalah antara lain seperti pisau, barang aksesoris dan lain sebagainya.
3. Seni ukir kayu
Seni ukir kayu adalah kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan atau dibentuk menggunakan tata ukir. Jenis kayu yang biasa digunakan pada seni ukir kayu adalah antara lain seperti kayu jati, mahoni, waru, sawo, nangka dan lain-lain. Contoh seni ukir kayu adalah antara lain seperti mebel, relief dan lain-lain.

4. Seni kerajinan anyaman
Seni kerajinan anyaman adalah kerajinan yang biasanya menggunakan bahan-bahan seperti rotan, bambu, daun lontar, daun pandan, serat pohon, pohon pisang, enceng gondok dan lain-lain. Contoh seni kerajinan anyaman adalah antara lain seperti topi, tas, keranjang dan lain-lain.

5. Seni kerajinan batik
Seni kerajinan batik adalah seni membuat pola hias di atas kain dengan proses teknik tulis (casting) atau teknik cetak (printing). Contoh seni kerajinan batik adalah antara lain seperti baju, gaun dan lain-lain.

6. Seni kerajinan keramik
Seni kerajinan keramik adalah kerajinan yang mengutamakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. Contoh seni kerajinan keramik adalah antara lain seperti gerabah, piring dan lain-lain.

Demikian pembahasan mengenai #2 unsur karya seni kriya, jenis seni rupa terapan dan contohnya.
Loading...
Loading...