Makna Sosialisasi Kesadaran Politik

Loading...
Makna sosialisasi kesadaran politik akan dibahas lengkap dan detail pada materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Pentingnya Sosialisasi Politik dalam Pengembangan Budaya Politik yang akan di bahas didalam materi pendidikan kewarganegaraan adalah antara lain :

1. Pengertian sosialisasi politik.
2. Makna sosialisasi kesadaran politik.

Definisi sosialisasi politik

Sosialisasi politik adalah dimana seseorang dapat mengetahui berbagai macam pengetahuan dari interaksi dengan lingkungan masyarakatnya, baik pengetahuan moral, nilai-nilai dan pola sikap perilaku politiknya.
Makna Sosialisasi Kesadaran Politik
Baca juga : Pengertian, Macam-Macam Budaya Politik
Sosialisasi politik juga dapat diartikan sebagai proses internalisasi nilai pengenalan dan pemahaman, pemeliharaan dan penciptaan, serta proses eksternalisasi nilai-nilai dan pedoman politik dari individu atau kelompok ke individu dan atau kelompok yang lain.

Proses sosialisasi politik juga dapat terjadi melalui kelompok-kelompok senggang dan media massa. Proses yang terjadi melalui media massa dapat sangat mempengaruhi individu-individu dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan, media massa banyak memberitakan situasi politik suatu negara secara berkesinambungan, sehingga dapat berpengaruh secara luas.

Agen-agen sosialisasi tersebut menghasilkan atau membentuk suatu pengetahuan, nilai-nilai dan sikap-sikap politik suatu individu dan kelompok dalam suatu masyarakat. Pengetahuan, nilai dan sikap tersebut dapat membentuk kepribadian seseorang dan mempengaruhi daya pikir politiknya.
Baca juga : Tipe Dan Wujud Budaya Politik
Pengalaman-pengalaman individu tersebut juga dapat mempengaruhi kepribadian pada diri seseorang. Pengetahuan, nilai-nilai, sikap-sikap, kepribadian dan pengalaman bersifat timbal balik dan saling berhubungan secara terus-menerus.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa sosialisasi politik adalah proses dengan mana individu-individu dapat memperoleh pengetahuan, nilai-nilai dan sikap-sikap terhadap sistem politik masyarakatnya. Peristiwa ini tidak menjamin bahwa masyarakat mengesahkan sistem politiknya, sekalipun hal ini mungkin bisa terjadi, sebab hal ini bisa saja menyebabkan pengingkaran terhadap legitimasi.
Baca juga : Ciri-Ciri Budaya Politik
Akan tetapi, apakah akan menuju kepada stagnasi atau perubahan, tergantung pada keadaan yang menyebabkan pengingkaran tersebut. Apabila tidak ada legitimasi itu disertai dengan sikap bermusuhan yang aktif terhadap sistem politiknya, maka perubahan mungkin terjadi. Akan tetapi, apabila legitimasi itu dibarengi dengan sikap apatis terhadap sistem politiknya, bukan tak mungkin yang dihasilkan stagnasi.

Makna sosialisasi kesadaran politik

Banyak ilmuwan politik menemukan hakikat pengertian dan batasan sosialisasi politik yang satu dengan lainnya tak jauh berbeda. Menurut pandangan Alfian, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Sosialisasi politik hendaknya dilihat sebagai suatu proses yang berjalan secara terus-menerus selama peserta itu hidup.
2. Sosialisasi politik dapat berwujud transmisi yang berupa pengajaran secara langsung dengan melibatkan komunikasi informasi, nilai-nilai atau perasaan-perasaan mengenai politik secara tegas.
3. Proses itu berlangsung dalam keluarga, sekolah, kelompok pergaulan, kelompok kerja dan media massa atau kontak politik langsung.
Baca juga : Faktor Penyebab Berkembangnya Budaya Politik
Ada 2 alasan yang melatar belakangi, sehingga sosialisasi politik menjadi kajian dalam politik kenegaraan yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Sosialisasi politik dapat berfungsi untuk memelihara agar suatu sistem berjalan dengan baik dan positif.
2. Sosialisasi politik ingin menunjukkan relevansinya dengan sistem politik dan data mengenai orientasi anak-anak terhadap budaya politik orang dewasa dan pelaksanaannya di masa mendatang mengenai sistem politik.

Demikian pembahasan mengenai makna sosialisasi kesadaran politik.
Loading...
Loading...