Pengertian Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

Loading...
Pengertian iman kepada rasul-rasul Allah akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran agama islam sebagai berikut ini. Iman kepada rasul-rasul Allah adalah salah satu rukun iman, dimana beriman kepada rasul-rasul Allah merupakan sebuah keharusan atau kewajiban bagi umat islam.

Karena barang siapa yang mengakui dirinya beragama islam, akan tetapi tidak beriman kepada rasul-rasul Allah maka, gugurlah keislamannya. Oleh karena itu, beriman kepada rasul-rasul allah yaitu sebuah kewajiban untuk seluruh umat muslim. Dibawah ini adalah pengertian iman kepada rasul-rasul Allah berdasarkan Al-Qur’an dan hadits yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

Definisi iman kepada rasul

Iman kepada rasul-rasul Allah artinya adalah mempercayai bahwa rasul itu adalah orang yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran yang berupa wahyu kepada umatnya untuk dijadikan pedoman hidup dan untuk kebahagiaan di dunia akhirat.
Pengertian Iman Kepada Rasul-Rasul Allah Berdasarkan Alquran dan Hadits
Baca juga : #6 Tugas Utama Diutusnya Rasul Allah
Rasulullah saw bersabda :
“Iman itu adalah percaya kepada Allah, para malaikat-malaikat, kepada kitab-kitab-Nya, kepada rasul-rasul-Nya, kepada hari akhir dan kepada takdir yang baik dan yang buruk. (H.R. Muslim)

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa iman kepada rasul Allah adalah membenarkannya dan menaatinya serta mengikuti syari’at-syari’atnya. Hukum beriman kepada rasul adalah wajib atas setiap muslim, karena barang siapa yang mengaku islam, tetapi tidak percaya pada rasul maka gugurlah ke-islamannya. Sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam Surah An-Nisa’ ayat 150-151.

Jumlah nabi dan rasul sesungguhnya banyak sekali, hal ini seperti yang dijelaskan Allah di dalam Al-Qur'an Surah Al-Mukmin ayat 78 yang artinya adalah :

“Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi sesorang rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil”. (Q.S. Al-Mukmin: 78)

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad disebutkan bahwa ada sekitar 124.000 nabi yang diutus Allah dan jumlah dari rasul ada 315. Jumlah yang demikian tersebut merupakan kehendak Allah yang mengutus setiap nabi dan rasul.

Dari Abu Zar, ia berkata :
“Saya bertanya, wahai Rasulullah berapa jumlah nabi ?”
Beliau menjawab : “Jumlah nabi sebanyak 124.000 orang, diantara mereka termasuk rasul sebanyak 315 orang”, suatu jumlah yang sangat besar. (H.R. Ahmad)

Berdasarkan penjelasan diatas maka yang dapat disimpulkan adalah sebagai umat muslim, kita wajib beriman kepada rasul Allah, membenarkannya dan menaatinya serta mengikuti syari’at-syari’atnya. Ingin tahu tanda-tanda dan contoh beriman kepada rasul Allah ?, silahkan menuju pada halaman berikut.
Baca ini : Tanda Dan Contoh Beriman Kepada Rasul Allah
Demikian pembahasan mengenai pengertian iman kepada rasul-rasul Allahsemoga apa yang telah dijelaskan diatas bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjadi rujukan atau referensi bagi para pembaca yang sedang mencari arti iman kepara rasul Allah.
Loading...
Loading...