Pengertian, Macam-Macam Budaya Politik

Loading...
Pengertian, macam-macam budaya politik akan dibahas lengkap pada materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Budaya Politik yang akan di bahas didalam materi pendidikan kewarganegaraan adalah antara lain :

1. Definisi budaya politik menurut para ahli.
2. Macam-macam budaya politik.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi budaya politik.
4. Fungsi dan manfaat budaya politik.

Pengertian budaya politik

Budaya berasal dari kata “buddhayah” yang berarti akal atau dapat didefinisikan secara terpisah, yaitu dengan dua kata “budi” dan “daya” yang bila digabungkan menghasilkan sintesa arti membudayakan budi atau menggunakan akal budi tersebut.

Budaya politik adalah landasan sistem politik, yang memberi jiwa atau warna pada sistem politik, atau yang memberi arah pada peran-peran politik yang dilakukan oleh struktur politik. Atau secara praktis, definisi budaya politik adalah seperangkat nilai-nilai yang menjadi dasar pada aktor untuk menjalankan tindakan-tindakan dalam ranah politik.
Pengertian, Macam-Macam Budaya Politik
Baca juga : #6 Ciri-Ciri Budaya Politik
Terdapat banyak sarjana ilmu politik yang telah mengkaji tema budaya politik, sehingga terdapat variasi konsep tentang budaya politik yang kita ketahui. Namun bila diamati dan dikaji lebih jauh, tentang derajat perbedaan konsep tersebut tidaklah begitu besar, sehingga tetap dalam satu pemahaman dan rambu-rambu yang sama.

Berikut ini merupakan pengertian dari beberapa ahli ilmu politik, yang mengkaji tentang pengertian budaya politik antara lain sebagai berikut :

a. Rusadi Sumintapura
Budaya politik tidak lain adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihadapi oleh para anggota suatu sistem politik.

b. Sidney Verba
Budaya politik adalah suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekspresif dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan.

c. Alan R. Ball
Budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik.

d. Austin Ranney
Budaya politik adalah seperangkat pandangan-pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama pada sebuah pola orientasi-orientasi terhadap objek-objek politik.

e. Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, Jr
Budaya politik berisikan sikap, keyakinan, nilai dan keterampilan yang berlaku bagi seluruh populasi, juga kecenderungan dan pola-pola khusus yang terdapat pada bagian-bagian tertentu dari populasi. Budaya politik adalah suatu sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem dan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peran warga negara yang ada di dalam sistem itu.

f. Samuel Beer
Budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yang harus dilaksanakan oleh pemerintah.

Budaya politik juga diartikan sebagai suatu sistem nilai bersama suatu masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kolektif dan penentuan kebijakan publik untuk masyarakat seluruhnya.

Macam-macam budaya politik

Terkait dengan pengertian tersebut, maka dalam masyarakat muncul budaya politik yang berbeda-beda, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Budaya politik apatis, adalah masyarakatnya bersikap acuh, pasif dan masa bodoh.
2. Budaya politik mobolisasi, adalah masyarakatnya sengaja didorong atau dimobilisasi.
3. Budaya politik partisipatif.
Baca selengkapnya : Macam-Macam Budaya Politik

Faktor-faktor yang mempengaruhi budaya politik

Perbedaan model budaya politik yang berkembang dalam suatu masyarakat dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain sebagai berikut :

1. Tingkat pendidikan warga masyarakat.
2. Tingkat ekonomi masyarakat
Tingkat ekonomi masyarakat di mana semakin tinggi tingkat ekonomi masyarakat maka semakin tinggi pula partisipasi politiknya.
3. Reformasi politik (political will)
Reformasi politik (political will) adalah semangat merevisi dan mengadopsi sistem politik yang lebih baik.
4. Supremasi hukum
Supremasi hukum adalah adanya penegakan hukum yang adil, independen dan bebas.
5. Media komunikasi yang independen
Media komunikasi yang independen yang berfungsi sebagai kontrol sosial, bebas dan mandiri.

Manfaat budaya politik

Dengan memahami budaya politik, maka akan memperoleh paling tidak dua manfaat, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Sikap-sikap warga negara terhadap sistem politik akan mempengaruhi tuntutan-tuntutan, tanggapannya, dukungannya serta orientasinya terhadap sistem politik itu.
2. Dengan memahami hubungan antara budaya politik dengan sistem politik, dapat dimengerti maksud-maksud individu yang melakukan kegiatan sistem politik atau faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya pergeseran politik.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, macam-macam budaya politik.
Loading...
Loading...