Pengertian Kualitas Dan Kuantitas Penduduk Serta Faktor Yang Mempengaruhinya

Loading...
Pengertian kualitas dan kuantitas penduduk serta faktor yang mempengaruhinya akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Antroposfer Dan Aspek Kependudukan yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Definisi kualitas penduduk.
2. Definisi kuantitas penduduk.
3. Faktor yang memengaruhi kualitas dan kuantitas penduduk.
4. #3 cara memperoleh data demografi.

Pengertian kualitas penduduk

Arti kualitas penduduk adalah tingkat kemampuan penduduk untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas penduduk adalah antara lain seperti pendapatan, pendidikan dan kesehatan. Berikut penjelasannya lengkap dan detailnya.
Pengertian kualitas dan kuantitas penduduk serta faktor yang mempengaruhinya

#3 faktor yang mempengaruhi kualitas penduduk

1. Pendapatan
Semakin tinggi pendapatan masyarakat maka semakin tinggi pula taraf hidup suatu bangsa. Untuk mengetahui pendapatan masyarakat dalam suatu Negara, dapat ditunjukan dengan tingkat pendapatan perkapita.

Rumus pendapatan perkapita

Adapun pendapatan perkapita dapat dihitung dengan berdasarkan menggunakan rumus yang antara lain sebagai berikut :
PT = GNP : P
Keterangan :
PT    = Pendapatan Perkapita
GNP = Pendapatan Negara selama 1 tahun
P      = Jumlah penduduk Negara

2. Pendidikan
Arti penting pendidikan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penduduk dalam rangka mendukung pembangunan bangsa. Kualitas pendidikan dapat dilihat dalam seberapa besar angka melek huruf, anak putus sekolah, penduduk berpendidikan rendah dan lain sebagainya.

3. Kesehatan
Kesehatan adalah salah satu faktor penting dalam menilai kualitas penduduk. Tingkat kesehatan penduduk dapat dilihat dari tingkat kematian bayi dan angka harapan hidup.

Pengertian kuantitas penduduk

Arti kuantitas penduduk adalah jumlah keseluruhan penduduk yang menempati seluruh wilayah tertentu. Untuk mengetahui kuantitas penduduk memerlukan data kondisi aktual penduduk yang disebut data demografi.
Baca ini : Pengertian Antroposfer Dan Demografi
Data yang menyangkut penduduk dengan berbagai karakteristiknya yang merupakan data pokok yang amat diperlukan untuk perencanaan pembangunan di segala bidang. Perolehan data demografi dapat melalui tiga cara yakni antara lain sebagai berikut :

#3 cara memperoleh data demografi

1. Sensus penduduk
Sensus penduduk adalah keseluruhan dari proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan dan publikasi data demografi untuk seluruh penduduk disuatu negara pada periode tertentu.
Baca ini : Pengertian, Tujuan Sensus Penduduk Serta Ciri-Ciri Dan Manfaatnya

2. Survei penduduk
Survei penduduk adalah pencacahan penduduk dengan cara mengambil contoh daerah. Pencacahan ini tidak dilakukan di seluruh wilayah negara, melainkan pada daerah-daerah tertentu yang dianggap mewakili seluruh wilayah tersebut.
Baca ini : Pengertian Survei Penduduk Dan Perbedaannya Dengan Sensus Penduduk

3. Registrasi penduduk
Registrasi penduduk adalah kumpulan keterangan mengenai terjadinya peristiwa, yakni seperti peristiwa lahir dan mati serta segala kegiatan yang merubah status sipil seseorang sejak lahir sampai mati.

Kejadian tersebut meliputi perkawinan, perceraian, pengangkatan anak dan perpindahan penduduk. Pelaksanaan registrasi berlangsung secara terus-menerus mengikuti kejadian. Pencatatan dilakukan oleh beberapa badan atau lembaga pemerintahan yang berbeda.

Misalnya kelahiran dan kematian dicatat oleh kantor pencatatan sipil dan kelurahan, perkawinan dan perceraian di catat oleh Departemen Agama dan Kantor Pencatatan Sipil.

Demikian pembahasan mengenai pengertian kualitas dan kuantitas penduduk serta faktor yang mempengaruhinya.
Loading...
Loading...