Pengertian Survei Penduduk Dan Perbedaannya Dengan Sensus Penduduk

Loading...
Pengertian survei penduduk dan faktor yang membedakan antara survei penduduk dengan sensus penduduk akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Antroposfer Dan Aspek Kependudukan yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Definisi survei penduduk.
2. Perbedaan antara survei penduduk dan sensus penduduk.
3. Contoh survei penduduk.

Penduduk merupakan faktor terpenting bagi terbentuknya sebuah negara dan pemerintahan. Dalam perkembangannya, kependudukan sering kali mengalami berbagai masalah terutama bagi negara yang sedang berkembang, sama halnya seperti negara Indonesia.
Pengertian survei penduduk dan faktor yang membedakan antara survei penduduk dengan sensus penduduk
Masalah-masalah kependudukan tersebut yang dimaksud adalah seperti kepadatan, lonjakan dan penyebaran penduduk yang masih dirasakan kurang ideal. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian survei penduduk dan faktor yang membedakan antara survei penduduk dengan sensus penduduk sebagai berikut.

Pengertian survei penduduk

Survei penduduk adalah pencacahan penduduk dengan cara mengambil contoh daerah. Pencacahan ini tidak dilakukan pada seluruh wilayah negara, melainkan pada daerah-daerah tertentu yang dianggap mewakili seluruh wilayah tersebut. Tahapan kerja dan data atribut penduduk dalam survei penduduk sama dengan sensus penduduk.

Sedangkan pengertian sensus penduduk adalah keseluruhan kegiatan yang diantaranya dari :
1. Proses pengumpulan.
2. Proses pencatatan.
3. Proses pengolahan serta,
4. Proses publikasi data demografi.

Untuk seluruh penduduk disuatu negara pada periode tertentu.
Baca ini : Pengertian, Tujuan Sensus Penduduk Serta Ciri-Ciri Dan Manfaatnya
Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti survei penduduk mengarah pada pencacahan atau pendataan penduduk pada tingkat daerah, sedangkan sensus penduduk mengarah pada pendataan penduduk pada tingkat nasional (negara).

Faktor yang membedakan survei penduduk dengan sensus penduduk

Adapun dibawah ini terdapat #3 faktor yang membedakan survei penduduk dengan sensus penduduk adalah antara lain sebagai berikut :

1. Survei penduduk mencacah sebagian penduduk (dalam bentuk sampel), sedangkan sensus penduduk mencacah secara keseluruhan.
2. Pelaksanaan survei dapat kapan saja, sedangkan sensus dilaksanakan secara berkala (lima atau sepuluh tahun sekali).
3. Survei penduduk mendata keadaan penduduk dengan topik yang dapat berubah, sedangkan pada sensus dengan data yang standar (patokan bersifat tetap).

Contoh survei penduduk

Dibawah ini terdapat beberapa contoh-contoh survei penduduk adalah yang diantaranya sebagai berikut :

1. Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) 1995.
2. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI).
3. Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakemas).
4. Susenas dan lain sebagainya.
Baca ini : Pengertian Antroposfer Dan Demografi
Demikian pembahasan mengenai pengertian survei penduduk dan faktor yang membedakan antara survei penduduk dengan sensus penduduk.
Loading...
Loading...