#12 Contoh Bahan Galian Logam Dan Manfaatnya

Loading...
#12 contoh bahan galian logam dan manfaatnya akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang 12 contoh galian logam atau jenis-jenis bahan galian mineral logam lengkap dengan manfaatnya didalam persebaran sumber daya alam di Indonesia yang masuk kedalam kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources) yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Besi dan manfaatnya.
2. Aluminium dan manfaatnya.
3. Mangan dan manfaatnya.
4. Kromium dan manfaatnya.
5. Titanium dan manfaatnya.
6. Magnesium dan manfaatnya.
7. Tembaga dan manfaatnya.
8. Timah dan seng serta manfaatnya.
9. Nikel dan manfaatnya.
10. Molibdenum dan manfaatnya.
11. Perak dan manfaatnya.
12. Emas dan manfaatnya.

Bahan galian logam

Bahan galian logam pada awalnya terbentuk pada batuan yang mengandung akan mineral logam (bijih). Bahan galian logam digunakan dan dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan baku utama industri maupun untuk campuran.
#12 contoh bahan galian logam dan manfaatnya
Baca juga : #6 Jenis Dan Contoh Bahan Galian

Contoh dan manfaat mineral logam

Dibawah ini terdapat #12 contoh bahan galian logam lengkap dengan fungsi dan manfaatnya antara lain sebagai berikut :

1. Besi
Besi adalah jenis logam yang paling banyak dan paling luas digunakan oleh manusia, sehingga besi juga disebut sebagai tulang punggung peradapan modern. Besi digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya seperti peralatan rumah tangga, konstruksi bangunan, industri mobil, peralatan otomotif dan keperluan lainnya.

2. Alumunium
Alumunium memiliki sifat yang ringan, kuat, dan berdaya tahan tinggi terhadap karat serta merupakan konduktor listrik yang baik. Alumunium banyak digunakan dan manfaatkan untuk berbagai keperluan, diantaranya seperti bahan bangunan dan sebagai bahan kimia. Di Indonesia, jenis alumunium tersebut berasal dari bahan bauksit.

3. Mangan
Mangan adalah mineral yang sangat penting untuk menghilangkan oksigen dan belerang dalam produksi baja. Setiap 14 ton mangan diperlukan untuk setiap ton baja karbon, jenis mineral mangan ini juga digunakan sebagai campuran bahan dasar batu baterai.

4. Kromium
Kromium adalah jenis logam yang tergolong penting sebagai campuran dalam industri baja. Pada awalnya, bahan jenis kromium hanya dipergunakan sebagai bahan cat. Adapun pada industri baja, kromium digunakan sebagai bahan campuran untuk menghasilkan baja kecepatan tinggi dan baja tahan karat.

5. Titanium
Titanium adalah logam yang bersifat ringan, sangat kuat, keras, dan memiliki daya tahan tinggi terfadap karat. Bijih titanium tergolong sulit didapatkan dan juga sulit dalam pengolahannya, sehingga pengolahan jenis titanium memerlukan teknologi yang tinggi. Fungsi dan manfaat titanium adalah antara lain seperti industri pesawat ruang angkasa, industri pesawat terbang supersonic dan industri pesawat tempur.

6. Magnesium
Magnesium adalah logam yang paling ringan dan kuat. Adapun magnesium berfungsi sebagai bahan campuran dalam industri bahan-bahan tahan karat yang ringan. Oksida magnesium (MgO) bersifat isolator untuk panas dan listrik.

7. Tembaga
Tembaga memiliki fungsi dan manfaat untuk industri peralatan listrik (kawat), radiator pada mobil dan alat-alat pendingin (Kulkas / refrigerator dan Air conditioner / AC).

8. Timah dan seng
Timah digunakan sebagai bahan dasar pembuat aki, pelapis anti karat pada besi dan logam (timah putih), industri kaleng (timah putih), dan juga sebagai campuran tembaga untuk menghasilkan perunggu dan kuningan, serta produksi timah patri lunak. Pada awalnya, seng digunakan sebagai campuran unsur kuningan. Namun sekarang, seng digunakan dan dimanfaatkan sebagai bahan dasar campuran industri besi, baja anti-karat, peralatan rumah (atap) dan kaleng.

9. Nikel
Nikel dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan dasar campuran baja tahan karat, campuran logam tahan suhu tinggi, alat-alat listrik dan industri stainless steel.

10. Molibdenum
Molibdenum dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan dasar campuran baja agar bersifat pejal dan mempunyai daya lenting yang tinggi, serta digunakan juga sebagai bahan campuran untuk membuat mesin agar memiliki daya tahan terhadap arus dan suhu yang tinggi.

11. Perak
Perak dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan dasar perhiasan, alat pembayaran, peralatan rumah tangga, industri fotografi dan alat-alat listrik.

12. Emas
Emas dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan dasar perhiasan seperti cincin, gelang, kalung dan sebagai jaminan bagi uang yang beredar disimpan di bank sentral suatu negara.

Demikian pembahasan mengenai #12 contoh bahan galian logam dan manfaatnya.
Loading...
Loading...