#13 Contoh Bahan Galian Industri Dan Manfaatnya

Loading...
#13 contoh bahan galian industri dan manfaatnya akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang 13 contoh galian industri atau jenis-jenis bahan galian industri lengkap dengan manfaatnya serta pengelompokannya didalam persebaran sumber daya alam di Indonesia yang masuk kedalam kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources) yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Definisi bahan galian industri.
2. Pengelompokan bahan galian industri.

Pengertian bahan galian industri

Bahan galian industri adalah suatu mineral yang bukan termasuk jenis logam, bukan pula berjenis bahan bakar dan juga bukan termasuk permata. Bahan galian jenis industri ini banyak ditemukan pada permukaan bumi. Adapun bahan galian industri dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu berasal dari pelapukan batuan, terbentuk secara kimiawi dan bahan galian untuk bangunan. Berikut penjelasannya.
#13 contoh bahan galian industri dan manfaatnya

Pengelompokan bahan galian industri

→ Bahan galian industri yang berasal dari pelapukan batuan
Dibawah ini terdapat contoh bahan galian industri yang berasal dari pelapukan batuan adalah antara lain sebagai berikut :

1. Kaolin
Kaolin adalah suatu bahan yang digunakan untuk industri kertas, industri karet, industri tekstil, bahan untuk piring lantai, gelas, cat, pemutih pada industri dan gula.
2. Bentoit
Bentoit adalah suatu bahan yang digunakan sebagai lumpur pelumas dalam pengeboran minyak.
3. Pasir Kuarsa
Pasir kuarsa adalah suatu bahan yang digunakan sebagai pembuat kaca, keramik dan pengecoran logam.
Baca ini : Contoh Bahan Galian Logam Dan Manfaatnya
4. Oker
Oker adalah adalah suatu bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat meni.
5. Asbes
Asbes adalah suatu bahan yang digunakan sebagai bahan anti api untuk membuat baju pemadam kebakaran dan sebagai atap rumah.

→ Bahan galian industri yang terbentuk secara kimiawi
Adapun dibawah ini terdapat contoh bahan galian industri yang terbentuk secara kimiawi adalah antara lain sebagai berikut :

1. Gipsum
Gipsum adalah suatu bahan yang digunakan sebagai portland pupuk dan semen, sebagai bahan cetakan alat-alat keramik, tuangan logam, serta pembalut kaki dan tangan yang patah.
2. Fosfat
Fosfat adalah suatu bahan yang digunakan sebagai bahan baku pupuk super fosfat, sebagai pupuk alam dan pembuatan fosfor.
3. Halit
Halit adalah suatu bahan berjenis garam batu yang digunakan untuk industri kimia dan kedokteran.
4. Intan
Intan adalah suatu bahan yang digunakan sebagai perhiasan dan sebagai mata bor untuk penambangan.
5. Belerang
Belerang adalah suatu bahan yang digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk, penghalus minyak, industri cat, rayon, film, selulosa, tekstil, pengawet kayu, kertas, dan korek api.

→ Bahan galian untuk bangunan
Adapun dibawah ini terdapat contoh bahan-bahan galian yang digunakan untuk bangunan adalah antara lain sebagai berikut :

1. Granit, marmer dan andesit
Granit, marmer dan andesit adalah suatu bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat bangunan.
2. Tanah liat
Tanah liat adalah suatu bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat bata dan keramik.
3. Batu gamping
Batu gamping adalah suatu bahan yang digunakan sebagai bahan bangunan, pengeras jalan, bahan baku industri portland semen, industri keramik, bahan baku pembuatan kalsium dalam pabrik gula, bahan kedokteran, pencegah penyakit tanaman dan bahan pembuatan pupuk.

Demikian pembahasan mengenai #13 contoh bahan galian industri dan manfaatnya.
Loading...
Loading...