#6 Jenis Dan Contoh Bahan Galian

Loading...
#6 jenis dan contoh bahan galian akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang enam macam atau jenis bahan galian dan contoh-contoh bahan galian menurut Undang-undang didalam persebaran sumber daya alam di Indonesia yang masuk kedalam kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources) yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Jenis-jenis bahan galian.
2. Contoh bahan galian dan penggolongannya.

Sumber daya alam (SDA) yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources) sebagian besar didapat berasal dari galian. Adapun menurut bentuknya, bahan galian dibedakan atau dikelompokkan menjadi enam jenis yakni dapat dijelaskan dengan lengkap sebagai berikut dibawah :
#6 jenis dan contoh bahan galian
Baca juga : Pengertian Dan Penggolongan Sumber Daya Alam

Jenis-jenis bahan galian

1. Bahan galian magmatik
Bahan galian magmatik adalah bahan galian yang terjadi dari magma dan bertempat di dalam atau berhubungan dan dekat dengan magma.

2. Bahan galian pematir
Bahan galian pematir adalah bahan galian yang berbentuk di dalam diatrema dan dalam bentukan intrusi.

3. Bahan galian hasil pengendapan
Bahan galian hasil pengendapan adalah bahan galian yang terkonsentrasi karena pengendapan di dasar sungai atau genangan air, baik melalui proses pelarutan ataupun tidak.

4. Bahan galian hasil pengayaan sekunder
Bahan galian hasil pengayaan sekunder adalah bahan galian disekitar magma yang karena proses pelarutan pada batuan hasil pelapukan.

5. Bahan galian hasil metomorfosis kontak
Bahan galian hasil metomorfosis kontak adalah batuan disekitar magma yang karena bersentuhan dengan magma berubah menjadi mineral ekonomik.

6. Bahan galian hidrotermal
Bahan galian hidrotermal adalah resapan magma cair yang membeku di celah-celah struktur lapisan bumi atau pada lapisan yang bersuhu relatif rendah.

Contoh bahan galian

Adapun didalam Undang-undang No. 11 Tahun 1976 tentang Pertambangan, bahan galian diklasifikasikan menurut kepentingan bagi negara yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bahan galian strategis (golongan A)
Contoh bahan galian strategis (golongan A) adalah antara lain seperti minyak bumi, gas alam, uranium, batu bara, nikel dan timah.
2. Bahan galian vital (golongan B)
Contoh bahan galian vital (golongan B) adalah antara lain seperti besi, mangan, baksit, tembaga, timbal, seng, emas dan belerang.

3. Bahan galian golongan C
Contoh bahan galian golongan C adalah antara lain seperti pasir, tanah liat, batu apung dan batuan kapur.

Demikian pembahasan singkat mengenai #6 jenis dan contoh bahan galian didalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources).
Loading...
Loading...