Definisi Metabolisme Dan Proses Metabolisme

Loading...
Definisi metabolisme dan proses metabolisme akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran Biologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang metabolisme yang akan di bahas didalam materi pendidikan biologi adalah antara lain :

1. Pengertian metabolisme.
2. Pengertian katabolisme.
3. Pengertian anabolisme.
4. Contoh katabolisme.

Pengertian metabolisme

Metabolisme adalah reaksi-reaksi biokimia yang terjadi pada sel dalam tubuh mahkluk hidup. Reaksi kimia inilah yang akan mengubah suatu zat menjadi zat lain. Didalam metabolisme, proses nya terdapat dua yakni antara lain katabolisme dan anabolisme. Berikut penjelasan lebih detailnya :

Pengertian anabolisme

Anabolisme adalah reaksi pembentukan atau sintesis (penyusunan) molekul sederhana menjadi molekul kompleks dan memerlukan energi ATP (endergonik). Contoh reaksi anabolisme adalah seperti Fotosintesis dan Kemosintesis. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai anabolisme, dapat menuju kehalaman sebagai berikut :
Baca ini : Definisi Dan Contoh Anabolisme
Definisi metabolisme, proses metabolisme, pengertian katabolisme, pengertian anabolisme dan contoh katabolisme.

Pengertian katabolisme

Katabolisme adalah reaksi penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan bantuan enzim serta menghasilkan / melepaskan energi (bersifat eksertgonik) yang berupa ATP (Adenosin TriPhospat), Elektron berenergi tinggi NADH2 (Nikotilamid adenin dinukleotida), dan FADH2 (Flavin adenin dinukleotida H2).

Contoh katabolisme

Contoh katabolisme adalah respirasi. Adapun didalam respirasi kemudian terbagi menjadi dua yakni antara lain dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Respirasi aerob
Respirasi aerob adalah peristiwa pembakaran zat makanan yang menggunakan oksigen dari pernapasan untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Adapun secara sederhana reaksi respirasi aerob adalah antara lain sebagai berikut dibawah ini :
C6H12O6 + 6O2 → 6H2O + 6CO2 + 36ATP

Tahap-tahap respirasi aerob
Respirasi aerob berlangsung 4 tahap yakni glikolisis, dekarboksilasi oksidasi asam piruvat, siklus krebs dan transpor elektron, berikut penjelasannya :

#1. Glikolisis
⇨ Pengubahan satu atom glukosa (6 atom C) menjadi dua molekul yang lebih sederhana (asam piruvat = 3 atom C).
 Glikolisis terjadi dalam sitoplasma sel.
 Produk penting glikolisis adalah :
a. 2 molekul asam piruvat.
b. 2 molekul NADH sebagai sumber elektron berenergi tinggi.
c. 2 molekul ATP dari 1 molekul glukosa.

#2. Dekarboksilasi oksidasi asam piruvat
⇨ Mengubah asam piruvat (senyawa berkarbon 3) menjadi asetil KoA (senyawa berkarbon 2).
 Dekarboksilasi oksidasi asam piruvat berlangsung pada matriks mitokondria.
⇨ Dihasilkan 1 NADH dan CO2 untuk setiap pengubahan molekul asam piruvat menjadi asetil KoA.
 Pada mahkluk organisme prokariotik berlangsung dalam sitosol (cairan sitoplasma sel).

#3. Siklus krebs
 Ditemukan oleh Hans Krebs.
 Disebut juga siklus asam sitrat.
 Siklus krebs terjadi didalam mitokondria.
 Mengubah asetil KoA menjadi CO2.
 Produk penting siklus krebs adalah :
a. 3 molekul NADH = 6 NADH.
b. 1 molekul FADH = 2 FADH2.
c. 1 molekul ATP = 2 ATP.
d. 1 CO2 = 2CO2.

#4. Transpor elektron
 ATP yang dihasilkan pada tahap ini adalah 32 ATP.
 Secara sederhana, reaksi transpor elektron dituliskan :
24e+ 24H+ + 6O2 → 12H2O

2. Respirasi anaerob
Respirasi anaerob adalah respirasi yang tidak menggunakan O2 sebagai penerima elektron terakhir pada saat pembentukan ATP (disebut juga fermentasi), menggunakan glukosa sebagai substrat. Organisme yang melakukan fermentasi adalah bakteri dan protista yang hidup di rawa, lumpur, makanan yang di awetkan.

Beberapa organisme dapat berespirasi menggunakan oksigen, tetapi juga dapat melakukan fermentasi. Contohnya adalah seperti sel-sel otot dapat melakukan respirasi anaerob jika lingkungan kekurangan O2. Adapun fermentasi terdapat dua yakni antara lain sebagai berikut :

#1. Fermentasi asam laktat
Fermentasi asam laktat adalah respirasi anaerob. Hasil akhir fermentasi asam laktat adalah asam laktat/ asam susu/ asam kelelahan yang terjadi akibat penimbunan asam laktat pada otot tubuh. Fermentasi dimulai dengan glikolisis yang menghasilkan asam piruvat karena pada proses ini tidak ada O2 yang merupakan reseptor terakhir, maka asam piruvat diubah menjadi asam laktat.

Fermentasi asam laktat juga merupakan zat kimia yang merugikan karena bersifat racun atau toksin. Pada fermentasi asam laktat, glukosa dipecah menjadi dua molekul asam piruvat, 2 NADH dan terbentuk ATP. Tidak bereaksi secara sempurna memecah glukosa menjadi CO2, air serta ATP sehingga ATP dihasilkan pun tidak sebesar ATP yang dihasilkan dari glikolisis.

#2. Fermentasi aIk0h0I
Fermentasi aIk0h0I terjadi pada mikro-organisme, peristiwa pembebasan energi terjadi karena asam piruvat diubah menjadi asam asetat dan CO2. Selanjutnya asam asetat diubah menjadi aIk0h0I. Pada fermentasi ini energi (ATP) yang dihasilkan dari 1 molekul glukosa hanya 2 molekul ATP, berbeda dengan respirasi aerob yang mengubah 1 molekul glukosa menjadi 36 ATP.

Demikian pembahasan tentang definisi metabolisme, proses metabolisme, pengertian katabolisme, pengertian anabolisme dan contoh katabolisme.
Loading...
Loading...