#7 Jenis Pengangguran Terbuka Berdasarkan Penyebabnya

Loading...
#7 jenis pengangguran terbuka akan dibahas lengkap dengan detail pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang jenis-jenis pengangguran berdasarkan penyebabnya didalam ketenagakerjaan yang akan di bahas didalam materi pendidikan ekonomi adalah antara lain :

1. Pengangguran friksional.
2. Pengangguran musiman.
3. Pengangguran konjungtural.
4. Pengangguran struktural.
5. Pengangguran sukarela.
6. Pengangguran deflasioner.
7. Pengangguran teknologi.

Dibawah ini akan disebutkan dan dijelaskan secara lengkap satu persatu apa saja jenis pengangguran terbuka yang dikelompokkan kedalam 7 macam. Apa saja jenis-jenis pengangguran tersebut akan dibahas antara lain sebagai berikut :
#7 jenis pengangguran terbuka berdasarkan penyebabnya
Baca juga : Definisi Angkatan Kerja, Tenaga Kerja, Kesempatan Kerja Dan Pengangguran

#1. Pengangguran friksional (frictional unemployment)

Pengangguran friksional atau frictional unemployment adalah jenis pengangguran sementara (temporer) yang terjadi berdasarkan hal yang disebabkan oleh perubahan dan dinamika ekonomi, misalnya adalah seperti seseorang yang tidak langsung mendapatkan pekerjaan baru disaat setelah dia berhenti dari pekerjaannya yang lamanya atau bisa juga karena dihambat oleh keterbatasan oleh mereka sendiri.

#2. Pengangguran musiman (seasonal unemployment)

Pengangguran musiman atau seasonal unemployment adalah jenis pengangguran yang masih termasuk bagian dari pengangguran friksional, namun bisa dikategorikan sedikit berbeda. Hal tersebut karena objek industri dan pekerjaannya bercirikan serta tergolong musiman. Biasanya pengangguran model ini terjadi yang disebabkan oleh pergantian musim, contoh pengangguran musiman misalnya adalah seperti pada bidang pertanian.

#3. Pengangguran konjungtural (cyclical unemployment)

Pengangguran konjungtural atau cyclical unemployment adalah jenis pengangguran yang penyebab terjadinya adalah dikarenakan permintaan barang dan jasa yang berkurang, terutama yang terjadi pada saat depresi atau resesi ekonomi.

#4. Pengangguran struktural (structural unemployment)

Pengangguran struktural atau structural unemployment adalah jenis pengangguran yang timbul dan dikarenakan oleh akibat dari terjadinya perubahan struktur ekonomi. Oleh karena itu faktor perubahan struktur ekonomilah yang memicu timbulnya pengangguran jenis ini.

#5. Pengangguran sukarela (voluntary unemployment)

Pengangguran sukarela atau voluntary unemployment adalah jenis pengangguran yang timbul dan terjadi yang disebabkan oleh adanya orang yang benar-benar masih bisa bekerja (masih produktif), namun dengan sukarela orang tersebut tidak ingin bekerja.

#6. Pengangguran deflasioner (deflasionary unemployment)

Pengangguran deflasioner atau deflasionary unemployment adalah jenis pengangguran yang timbul dan terjadi yang disebabkan oleh lowongan pekerjaan yang tidak cukup untuk menampung para pencari kerja. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa lebih banyak pencari kerja dari pada lowongan kerja yang tersedia yang memicu timbulnya pengangguran jenis ini.

#7. Pengangguran teknologi

Pengangguran teknologi adalah jenis pengangguran yang timbul dan terjadi yang disebabkan oleh perkembangan jaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi, misalnya adalah seperti penggantian tenaga manusia yang digantikan oleh tenaga mesin. Oleh karena itu faktor perkembangan jaman dan teknologi yang memicu timbulnya pengangguran jenis ini.

Demikian pembahasan mengenai #7 jenis pengangguran terbuka, semoga bermanfaat serta bisa menjadi referensi tugas sekolah, kuliah, menambah wawasan dan pengetahuan kalian didalam mempelajari hal-hal yang terkait ketenagakerjaan dan macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya.
Loading...
Loading...