Pengertian Limbah, Jenis-Jenis Limbah Dan Upaya Meminimalisir Bahaya Limbah

Loading...
Pengertian limbah, jenis-jenis limbah dan upaya meminimalisir bahaya limbah akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran Biologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Bahaya Limbah Bagi Kesehatan Dan Lingkungan Serta Cara Pengolahannya yang akan di bahas didalam materi pendidikan biologi adalah antara lain :

1. Pengertian limbah.
2. Jenis-jenis limbah.
3. Upaya meminimalisir bahaya limbah.

Pengertian limbah

Limbah adalah suatu bahan buangan yang tak terpakai lagi dan dapat berdampak buruk (negatif) bagi masyarakat apabila tidak dikelola dengan baik dan benar. Adapun limbah didalam Peraturan Pemerintah No. 18/1999 Jo.PP 85/1999 diartikan bahwa sebagai sisa atau buangan dari suatu usaha dan atau kegiatan manusia.

Oleh karena itu air limbah pada industri ataupun air limbah rumah tangga (domestik) jika pengelolaanya tidak baik dan benar maka akan menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan.
Pengertian limbah, jenis-jenis limbah dan upaya meminimalisir bahaya limbah
Limbah merupakan suatu barang atau benda yang telah tidak digunakan lagi, hal tersebut dikarenakan nilai fungsi dari barang atau benda tersebut menurun dan bahkan fungsinya tidak ada lagi. Dengan adanya limbah maka bisa berdampak negatif (buruk) bagi lingkungan dan yang paling utama adalah kesehatan, maka dari itu perlu dilakukan penanggulangan pada limbah.

Jenis-jenis limbah

Dibawah ini merupakan penggolongan jenis limbah berdasarkan jenis senyawanya yang digolongkan menjadi 3 jenis yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Limbah organik
Limbah organik adalah suatu jenis limbah yang awal mulanya berasal dari makhluk hidup. Adapun contoh limbah organik adalah seperti daun pembungkus atau sisa tumbuh-tumbuhan dari hasil pertanian dan kotoran hewan. Pada jenis limbah organik ini tergolong mudah terurai secara alami oleh aktifitas mikroorganisme.

2. Limbah anorganik
Limbah anorganik adalah suatu jenis kelompok limbah yang tergolong tak mudah hancur atau tidak mudah diuraikan oleh aktifitas mikroorganisme. Contoh limbah anorganik adalah seperti kaleng dan lain sebagainya.

3. Limbah B3
Berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 18 Tahun 1999 tentang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun mendefinisikan bahwa limbah B3 adalah semua jenis bahan atau senyawa (padat, cair maupun gas) yang memiliki potensi dapat merusak bagi kesehatan manusia dan bahkan lingkungan yang di akibatkan oleh sifat-sifat yang terkandung pada senyawa tersebut.

Upaya meminimalisir bahaya limbah

Didalam sistem pengolahan limbah, setiap badan usaha dan atau rumah tangga bisa melakukan konsep ekoefisien, apa itu ekoefisien dan bagaimana contoh penerapannya ? baca pada halaman berikut :
Baca ini : Pengertian Ekoefisien Dan Contoh Penerapan Prinsip Ekoefisien
Konsep ekoefisien yang dimaksud diatas adalah diantaranya seperti berikut :

1. Reduce
Reduce adalah suatu upaya atau cara mengurangi limbah yang telah dihasilkan berdasarkan dengan teknik memperkecil penggunaan atau pemakaian bahan bakar, air serta energi perunit dalam produksi.

2. Recycle
Recycle adalah suatu upaya atau cara mengurangi limbah yang telah dihasilkan berdasarkan dengan teknik mendaur ulang pada limbah.

3. Reuse
Reuse adalah suatu upaya atau cara mengurangi limbah yang telah dihasilkan berdasarkan dengan teknik penggunaan kembali pada limbah yang sudah dihasilkan tersebut.

Demikian pembahasan mengenai pengertian limbah, jenis-jenis limbah dan upaya meminimalisir bahaya limbah.
Loading...
Loading...