#4 Alasan Timbulnya Persediaan (Inventory) Menurut Ahli

Loading...
#4 alasan timbulnya persediaan (inventory) menurut ahli akan dibahas lengkap dengan daftar pustakanya pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan tentang teori konsep para ahli atau pakar mengenai alasan munculnya persediaan yakni sebagai berikut :

1. Untuk berlindung dari ketidakpastian.
2. Untuk memungkinkan produksi dan pembelian ekonomis.
3. Untuk mengatasi perubahan yang diantisipasi dalam permintaan dan penawaran.
4. Menyediakan untuk transit.

Pada pembahasan sebelumnya sudah dibahas mengenai biaya-biaya persediaan menurut ahli yang antara lain seperti biaya penyimpanan, biaya pemesanan atau pembelian, biaya penyiapan dan biaya kehabisan atau kekurangan bahan. Ingin tau pengertian dan contoh biaya persediaan tersebut ?, silahkan menuju link halaman berikut.
Baca ini : Biaya-Biaya Persediaan (Inventory)
#4 Alasan Timbulnya Persediaan (Inventory) Menurut Ahli atau pakar

4+ Alasan munculnya persediaan

Didalam bukunya Schroeder (2000: 6) menyatakan bahwa terdapat empat alasan untuk mengadakan persediaan, adapun alasan-alasan tersebut akan diuraikan dan dijelaskan sebagai berikut :

1. Untuk berlindung dari ketidakpastian

Didalam sistem persediaan (inventory) terdapat ketidakpastian dalam pemasokan dan permintaan tenggang waktu pesanan. Stock pengaman dipertahankan dalam persediaan untuk berlindung dari ketidakpastian akan hal tersebut.

2. Untuk memungkinkan produksi dan pembelian ekonomis

Pada point kedua ini sering lebih ekonomis untuk memproduksi bahan dalam jumlah besar, sejumlah besar barang dapat diproduksi dalam periode waktu yang pendek dan setelah itu tidak ada produksi hingga jumlah tersebut hampir habis.

3. Untuk mengatasi perubahan yang diantisipasi dalam permintaan dan penawaran

Terdapat beberapa tipe situasi dimana perubahan dalam permintaan atau penawaran (supply dan demand) dapat diantisipasi, salah satu kasus yakni dimana harga (ketersediaan) bahan baku diperkirakan untuk berubah.

Adapun sumber lain antisipasi adalah promosi pasar yang direncanakan, dimana sejumlah besar barang jadi dapat disediakan sebelum dijual. Pada akhirnya perusahaan-perusahaan yang tergolong kedalam usaha musiman sering mengantisipasi permintaan untuk memperlancar pekerjaan.

4. Menyediakan untuk transit

Persediaan dalam perjalanan (transit inventories) terdiri dari bahan yang berada dalam perjalanan dari satu titik ke titik yang lainnya. Persediaan-persediaan ini dipengaruhi oleh keputusan lokasi pabrik dan pilihan alat angkut.

Secara teknis, persediaan yang bergerak antara tahap-tahap produksi walaupun di dalam satu pabrik juga dapat digolongkan sebagai persediaan dalam perjalanan. Terkadang, persediaan dalam perjalanan disebut persediaan pipa saluran, karena ini berada dalam pipa saluran distribusi.

Demikian pembahasan mengenai #4 alasan timbulnya persediaan (inventory) menurut ahli, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui alasan munculnya persediaan yang berkaitan dengan manajemen operasional.

Daftar pustaka

Roger, Schroeder. 2000. Pengembilan Keputusan Dalam Suatu Fungsi Operasi, Edisi Ketiga. Erlangga: Jakarta.
Loading...
Loading...