Fungsi Dan Tujuan Persediaan (Inventory) Menurut Para Ahli

Loading...
Fungsi dan tujuan persediaan (inventory) menurut para ahli akan dibahas lengkap dengan daftar pustakanya pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan tentang teori konsep para ahli atau pakar mengenai tujuan dan fungsi persediaan yakni sebagai berikut :

1. Fungsi persediaan menurut ahli.
2. Tujuan persediaan menurut ahli.

Fungsi Persediaan

→ Tampubolon (2004: 190)
Didalam bukunya Tampubolon menyatakan bahwa mengefektifkan sistem persediaan bahan, efisiensi operasional perusahaan dapat ditingkatkan melalui fungsi persediaan dengan cara mengefektifkan fungsi antara lain seperti fungsi decoupling, fungsi economic size dan fungsi antisipasi.
Fungsi Dan Tujuan Persediaan (Inventory) Menurut Para Ahli
Untuk mengetahui apa saja pengertian dari fungsi decoupling, fungsi economic size dan fungsi antisipasi seperti yang telah disebutkan diatas berdasarkan buku Tampubolon, maka akan dijelaskan satu persatu pada uraian sebagai berikut :

1. Fungsi decuopling

Fungsi decuopling adalah fungsi perusahaan untuk mengadakan persediaan decouple, dengan mengadakan pengelompokan operasional secara terpisah-pisah.

2. Fungsi economic size

Fungsi economic size adalah penyimpanan persediaan dalam jumlah besar dengan pertimbangan adanya diskon atas pembelian bahan, diskon atas kualitas untuk dipergunakan dalam proses konversi, serta didukung kapasitas gudang yang memadai.

3. Fungsi antisipasi

Fungsi antisipasi adalah penyimpanan persediaan bahan yang berfungsi untuk penyelamatan jika sampai terjadi keterlambatan datangnya pesanan bahan dari pemasok. Tujuan utama fungsi antisipasi ini adalah untuk menjaga proses konversi agar tetap berjalan lancar.

 Muslich (2009: 391)
Adapun menurut Muslich didalam bukunya menyatakan bahwa persediaan barang memiliki fungsi yang sangat penting bagi perusahaan. Berdasarkan dari berbagai macam barang yang ada seperti bahan, barang dalam proses dan barang jadi, perusahaan menyimpannya karena berbagai alasan. Alasan tersebut adalah antara lain sebagai berikut :

1. Memenuhi pesanan

Penyimpanan barang diperlukan agar perusahaan dapat memenuhi pesanan pembeli dalam waktu yang cepat. Jika perusahaan tidak memiliki persediaan barang dan tidak dapat memenuhi pesanan pembeli pada saat yang tepat, maka kemungkinannya pembeli akan berpindah ke perusahaan lain.

2. Berjaga-jaga

Untuk berjaga-jaga pada saat barang dipasar sukar diperoleh, kecuali pada saat musim panen tiba.

3. Menekan harga pokok dan biaya produksi

Untuk menekan harga pokok per-unit barang dengan menekan biaya-biaya produksi per-unit.

Tujuan Persediaan

→ Anggarini (2007: 163)Menurut Anggarini didalam bukunya menyatakan bahwa tujuan kebijakan persediaan adalah untuk merencanakan tingkat optimal investasi persediaan dan mempertahankan tingkat optimal tersebut melalui persediaan.

→ Tampubolon (2004: 189)
Selanjutnya menurut Tampubolon didalam bukunya menyatakan bahwa peran manajemen sangat penting untuk dapat menciptakan efisiensi biaya produksi, yang menyangkut seperti penentuan jumlah produksi, penentuan harga persediaan, sistem pencatatan persediaan dan kebijakan tentang kualitas persediaan.
Baca juga : Teori Persediaan (Inventory) Menurut Para Ahli
Demikian pembahasan mengenai fungsi dan tujuan persediaan (inventory) menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui kegunaan persediaan barang dan apa saja tujuannya yang berkaitan dengan manajemen operasional.

Daftar pustaka

Tampubolon. 2004. Manajemen Operasional. Ghalia Indonesia: Jakarta.
Adisaputro, Anggarini. 2007. Anggaran Bisnis Analisa, Perencanaan, dan Pengendalian Laba. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.
Muslich. 2009. Metode Pengambilan Keputusan Kuantitatif. Bumi Aksara: Jakarta.
Loading...
Loading...