Pengertian Manajemen Produksi Dan Operasional Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian manajemen produksi dan operasional menurut para ahli akan dibahas lengkap dengan daftar pustakanya pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan tentang teori konsep para ahli atau pakar mengenai manajemen operasi dan produksi yakni sebagai berikut :

1. Konsep manajemen produksi dan operasional.
2. 4 macam produksi utama.

Definisi manajemen produksi dan operasional

Pada berbagai organisasi bisnis yang ada diseluruh penjuru bumi, setiap harinya selalu menghasilkan bermacam-macam produk barang dan jasa dengan beragam bentuk dan jenis. Didalam proses produksi barang dan jasa pastinya membutuhkan teknik dan metode tertentu supaya berjalan efektif dan efisien.
Pengertian manajemen produksi dan operasional menurut para ahli atau pakar.
Oleh karena itu disiplin dari ilmu yang mempelajari tentang berbagai hal-hal yang berkaitan dengan proses produksi disebut juga dengan nama manajemen operasional. Dibawah ini akan diuraikan beberapa teori konsep menurut para ahli atau pakar mengenai manajemen produksi dan operasional yakni antara lain sebagai berikut :

1. Heizer dan Render (2011: 4)
Heizer dan Render didalam bukunya menyatakan bahwa manajemen operasi (operations management) adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.

2. Handoko (1999: 3)
Handoko didalam bukunya mengatakan bahwa manajemen produksi dan operasional adalah usaha-usaha pengelolaan secara optimal penggunaan sumberdaya-sumberdaya (disebut juga dengan faktor-faktor produksi), tenaga kerja, mesin - mesin, peralatan, bahan mentah dan lain sebagainya didalam proses transformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbagai produk atau jasa.

3. Menurut Wysocky (2000: 1)
Menurut Wysocky didalam bukunya menyatakan bahwa manajemen operasi adalah desain, operasi, dan pengembangan dari sistem-sistem yang mengantarkan kepada tujuan utama perusahaan barang dan jasa dengan kombinasi.

4. Sofyan Assauri (2004: 1)
Menurut Assauri didalam bukunya menyatakan bahwa faktor-faktor produksi didalam ilmu ekonomi itu adalah tanah, modal, tenaga kerja dan keterampilan (organizational and managerial skills). Terdapat empat macam produksi yang utama menurut Sofyan Assauri (2004: 23) yaitu antara lain sebagai berikut :

#1. Proses (process)
Proses diartikan sebagai metode dan teknik yang digunakan untuk mengolah bahan.
#2. Jasa-jasa (service)
Jasa-jasa yang berupa badan pengorganisasian untuk menetapkan teknik-teknik, sehingga proses dapat dipergunakan secara efektif.
#3. Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah hubungan atau korelasi dan organisasi dari kegiatan produksi untuk suatu dasar waktu tertentu (a time base).
#4. Pengawasan (control)
Pengawasan untuk menjamin bahwa maksud dan tujuan mengenai penggunaan bahan pada kenyataan yang dilaksanakan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian manajemen produksi dan operasional menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui makna manajemen operasional dan produksi.

Daftar pustaka

Heizer, Jay dan Barry Render. 2011. Operations Management, Buku 1 edisi ke sembilan. Salemba empat: Jakarta.
Handoko, T. Hani. 1999. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 7. BPFE: Yogyakarta.
Wysocki, Robert K. 2001. Effective Project Management. Wiley Publishing Inc: New York.
Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. CP-FEUI: Jakarta.
Loading...
Loading...