Pengertian Pengendalian Persediaan Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian pengendalian persediaan menurut para ahli akan dibahas lengkap dengan daftar pustakanya pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan tentang teori konsep para ahli atau pakar mengenai inventory controll yakni sebagai berikut :

1. Konsep pengendalian persediaan menurut Assauri.
2. Konsep pengendalian persediaan menurut Rangkuti.

Pada pembahasan sebelumnya sudah dibahas mengenai alasan timbulnya persediaan menurut ahli yang antara lain seperti untuk berlindung dari ketidak-pastian, untuk memungkinkan produksi dan pembelian ekonomis, untuk mengatasi perubahan yang diantisipasi dalam permintaan dan penawaran serta menyediakan untuk transit. Ingin tau apa saja penjelasan mengenai alasan timbulnya persediaan (inventory) tersebut ? silahkan menuju link halaman berikut.
Baca ini : 4 alasan timbulnya persediaan (inventory)
Pengertian Pengendalian Persediaan Menurut Para Ahli

Definisi pengendalian persediaan

Dibawah ini akan diuraikan apa saja makna pengendalian persediaan oleh beberapa ahli lengkap dengan daftar pustakanya, adapun arti pengendalian persediaan tersebut adalah antara lain sebagai berikut :

→ Assauri (2004: 176)

Assauri didalam bukunya menyatakan bahwa pengendalian persediaan adalah salah satu kegiatan dari urutan kegiatan-kegiatan yang berurutan erat satu sama lain dalam seluruh operasi produksi perusahaan tersebut sesuai dengan apa yang telah direncanakan lebih dahulu baik waktu, jumlah, kuantitas maupun biayanya.

 Rangkuti (2004: 25)

Sedangkan menurut Rangkuti didalam bukunya menyatakan bahwa pengawasan persediaan adalah salah satu fungsi manajemen yang dapat dipecahkan dengan menerapkan metode kuantitatif.

 Handoko (1999: 333)

Selanjutnya menurut Handoko didalam bukunya menyatakan bahwa pengendalian adalah fungsi manajerial yang sangat penting karena persediaan fisik banyak perusahaan melibatkan investasi rupiah terbesar dalam persediaan aktiva lancar.

Kesimpulan

Berdasarkan berbagai pengertian menurut para ahli diatas mengenai pengendalian persediaan (inventory controll), maka dapat disimpulkan bahwa pengendalian persediaan adalah suatu aktivitas guna menetapkan besaran persediaan dengan melihat dan menyeimbangkan antara besaran persediaan yang disimpan dengan biaya-biaya yang akan muncul.

Menurut handoko (1999: 336) didalam bukunya menyatakan bahwa pembuatan setiap keputusan yang akan mempengaruhi besarnya (jumlah) persediaan dan biaya-biaya variabel harus dipertimbangkan.

Adapun biaya variabel tersebut yang dimaksud adalah antara lain seperti biaya penyimpanan, biaya pemesanan atau pembelian, biaya penyiapan dan biaya kehabisan atau kekurangan bahan. Untuk mengetahui apa saja penjelasan dari biaya-biaya lengkap dengan contohnya tersebut, silahkan menuju pada link halaman berikut :
Baca ini : Biaya-Biaya Persediaan

Demikian pembahasan mengenai pengertian pengendalian persediaan menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui pengawasan persediaan (inventory controll) yang berkaitan dengan manajemen operasional.

Daftar pustaka

Handoko, T. Hani. 1999. Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 7. BPFE: Yogyakarta.
Rangkuti, F. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Erlangga: Jakarta.
Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. CP-FEUI: Jakarta.
Loading...
Loading...