Pengertian Bahan Baku Menurut Para Ahli/Pakar

Loading...
Pengertian bahan baku menurut para ahli atau pakar akan dibahas lengkap dengan daftar pustakanya pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan tentang teori konsep para ahli atau pakar mengenai pengendalian persediaan bahan baku (Inventory Controll) yakni sebagai berikut :

1. Teori konsep bahan baku.
2. Teori konsep bahan baku menurut Hanggana.
3. Teori konsep bahan baku menurut Baroto.
4. Tujuan pengendalian persediaan bahan baku.

Lancarnya suatu proses produksi sangatlah dipengaruhi oleh ketersediaan bahan baku dalam kuantitas dan ukuran yang sesuai porsi kebutuhan dari perusahaan yang memproduksi tersebut. Mengapa hal itu bisa terjadi ?, hal tersebut terjadi karena bahan baku adalah faktor utama didalam pelaksanaan suatu proses produksi di perusahaan.
Pengertian bahan baku menurut para ahli atau pakar
Pengertian bahan baku

Definisi bahan baku

Berikut dibawah ini akan diuraikan beberapa arti bahan baku menurut para ahli atau pakar yang dapat dijelaskan dan diuraikan lengkap dengan daftar pustakanya sebagai berikut :

→ Hanggana (2006 : 11)

Definisi bahan baku menurut Hanggana menyatakan bahwa bahan baku adalah sesuatu yang digunakan untuk membuat barang jadi, bahan pasti menempel menjadi satu dengan barang jadi.

→ Baroto (2002 : 52)

Definisi bahan baku menurut Baroto menyatakan bahwa bahan baku adalah barang-barang yang terwujud seperti tembakau, kertas, plastik ataupun bahan-bahan lainya yang diperoleh dari sumber-sumber alam atau dibeli dari pemasok, atau diolah sendiri oleh perusahaan untuk digunakan perusahaan dalam proses produksinya sendiri.

Tujuan pengendalian persediaan bahan baku

Adapun tujuan paling dasar dari pengendalian persediaan bahan baku adalah kemampuan untuk mengirimkan pesanan (order) pada saat yang tepat kepada pemasok terbaik untuk memperoleh atau mendapatkan kuantitas (jumlah) yang tepat pada harga serta kualitas yang tepat juga.


Didalam suatu perusahaan, bahan baku serta bahan penolong mempunyai arti yang tergolong sangat penting, hal tersebut karena telah menjadi modal terjadinya proses produksi sampai demgan hasil produksi.

Adapun bahan baku dan bahan penolong dikelompokkan agar bertujuan untuk mengendalikan bahan dan pembebanan biaya ke-harga pokok produksi. Kemudian pengendalian bahan baku merupakan bahan yang nilainya relatif tinggi dan diprioritaskan atau diutamakan.


Demikian pembahasan mengenai pengertian bahan baku menurut para ahli atau pakar, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui pengertian bahan baku dalam pengendalian persediaan (inventory controll) yang berkaitan dengan manajemen operasional.

Daftar pustaka

Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan dan pengendalian produksi. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Hanggana, Sri. 2006. Prinsip Dasar Akuntansi Biaya. Mediatama. Surakarta.
Loading...
Loading...