Sistem Hormon Pada Manusia

Loading...
Sistem hormon pada manusia akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran biologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan mengenai materi edukasi sistem hormon dan fungsinya pada tubuh manusia yang akan dijelaskan yakni antara lain :

1. Definisi sistem hormon.
2. Fungsi hormon.
3. Jenis-jenis hormon.

Pengertian hormon

Kata hormon berasal dari bahasa homaein yang mempunyai arti yakni memacu, sedangkan arti hormon adalah suatu zat kimia yang dibuat atau dihasilkan oleh kelenjar endokrin atau disebut juga dengan kelenjar buntu, namun fungsinya dijalankan pada tempat lain.
Sistem Hormon Pada Manusia
Sistem Hormon Pada Manusia

Hormon dibutuhkan didalam kuantitas yang sedikit, akan tetapi bagi tubuh manusia pengaruhnya sangatlah besar. Pada tubuh manusia, terdapat hormon yang mempunyai pengaruh cepat dan ada juga terdapat hormon yang mempunyai pengaruh lambat.

Adapun hormon yang dibuat oleh suatu kelenjar buntu dialirkan secara langsung menuju darah, hal tersebut karena hormon tidak memiliki saluran khusus. Oleh karena itu kelenjar hormon juga disebut dengan endokrin (kelenjar buntu).

Fungsi hormon

Dibawah ini terdapat #5 fungsi sistem hormon bagi tubuh manusia, adapun manfaat hormon pada tubuh manusia diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Hormon berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh manusia.
2. Hormon berfungsi untuk mengatur pertumbuhan tubuh manusia.
3. Hormon berfungsi untuk mengatur perkembangan tubuh manusia.
4. Hormon berfungsi untuk mengatur reproduksi manusia.
5. Hormon berfungsi untuk mengatur tingkah laku manusia.

Jenis-jenis hormon

Adapun dibawah ini terdapat berbagai macam jenis hormon yang ada pada tubuh manusia, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Kelenjar hipofisis.
2. Kelenjar gondok (tiroid).
3. Kelenjar anak gondok (paratiroid).
4. Kelenjar langerhans.
5. Kelenjar anak ginjal (suprarenalis).
6. Kelenjar kelamin (gonade).

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu kelenjar hipofisis, kelenjar gondok, kelenjar anak gondok, kelenjar langerhans, kelenjar anak ginjal dan kelenjar kelamin serta hormon yang akan dihasilkan pada tubuh manusia, silahkan menuju pada link halaman berikut.

Baca ini : Macam-Macam Kelenjar Buntu (Endokrin) Dan Hormon Yang Dihasilkan

Demikian pembahasan mengenai sistem hormon pada manusia, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu sistem hormon, arti hormon, makna hormon, sistem hormon dan fungsinya, jenis-jenis hormon dan macam-macam sistem hormon pada tubuh manusia.
Loading...
Loading...