#3 Tujuan Pengendalian Persediaan Menurut Ahli

Loading...
#3 Tujuan pengendalian persediaan menurut ahli akan dibahas lengkap dengan daftar pustakanya pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan tentang teori konsep para ahli atau pakar mengenai tujuan pengendalian persediaan (Inventory Controll) yakni sebagai berikut :

1. Tujuan pengendalian persediaan menurut Assauri.

Pada pembahasan sebelumnya sudah dibahas mengenai pengertian pengendalian persediaan menurut beberapa para ahli lengkap dengan daftar pustakanya. Ingin tau apa saja penjelasan mengenai definisi pengendalian persediaan (inventory) tersebut ? silahkan menuju link halaman berikut.

#3 Tujuan Pengendalian Persediaan Menurut Ahli
Tujuan Pengendalian Persediaan
Sudah dibahas juga tentang alasan timbulnya persediaan menurut ahli yang diantaranya adalah seperti untuk berlindung dari ketidak-pastian, untuk memungkinkan produksi dan pembelian ekonomis, untuk mengatasi perubahan yang diantisipasi dalam permintaan dan penawaran serta menyediakan untuk transit. Lebih lengkapnya silahkan menuju link halaman berikut.


Tujuan pengendalian persediaan menurut Assauri (2004 : 177)

Tujuan pengendalian persediaan menurut Assauri secara terinci dapat dinyatakan sebagai usaha untuk beberapa hal yang diantaranya adalah antara lain sebagai berikut :

1. Menjaga jangan sampai perusahaan kehabisan persediaan sehingga dapat mengakibatkan terhentinya kegiatan produksi.
2. Menjaga agar supaya pembentukan persediaan oleh perusahaan tidak terlalu besar atau berlebih-lebihan.
3. Menjaga agar pembelian secara kecil-kecilan dapat dihindari karena ini akan berakibat biaya pemesanan terlalu besar.

Berdasarkan #3 tujuan pengendalian persediaan yang telah disebutkan diatas maka dapat dikatakan bahwa tujuan dari pengendalian persediaan adalah guna memperoleh kualitas dan kuantitas yang tepat dari bahan-bahan maupun barang-barang yang tersedia pada waktu yang dibutuhkan dengan biaya-biaya yang minimum guna keuntungan dan kepentingan perusahaaan.


Demikian pembahasan mengenai tujuan pengendalian persediaan menurut ahli, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui pengendalian persediaan (inventory controll) yang berkaitan dengan manajemen operasional.

Daftar pustaka

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. CP-FEUI: Jakarta.
Loading...
Loading...