Fungsi Dan Rumus Frekuensi Pemesanan Menurut Ahli

Loading...
Fungsi dan rumus frekuensi pemesanan menurut ahli akan dibahas lengkap dan detail pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang tujuan frekuensi pemesanan, formula frekuensi pemesanan, kegunaan frekuensi pemesanan serta cara menghitung frekuensi pemesanan menurut ahli yang akan di bahas didalam materi pendidikan ekonomi adalah antara lain :

1. Fungsi frekuensi pemesanan.
2. Rumus frekuensi pemesanan.

Fungsi frekuensi pemesanan

Tujuan dari analisis frekuensi pembelian adalah suatu cara yang digunakan untuk menghitung berapa kali pemesanan yang dilakukan pada tiap tahunnya (periode setiap tahun).
Fungsi Dan Rumus Frekuensi Pemesanan Menurut Ahli
Frekuensi Pemesanan

Rumus frekuensi pemesanan

Rumus atau formula dibawah ini merupakan cara yang digunakan untuk menghitung berapa jumlah frekuensi pemesanan yang dapat dilakukan oleh perusahaan yang berdasarkan dengan acuan penggunaan dari hasil perhitungan dari metode Economic Order Quantity (EOQ).

Apa itu metode economic order quantity ?
Economic order quantity (EOQ) adalah suatu bentuk pengendalian persediaan yang mempunyai tujuan untuk menentukan jumlah pemesanan barang atau bahan yang paling ekonomis sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

Metode ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi biaya persediaan sehingga perusahaan dapat memperkecil biaya perencanaan produksi tanpa mengurangi target atau keuntungan yang akan dicapai perusahaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai economic order quantity (EOQ) dan teori konsep para ahli tentang metode economic order quantity (EOQ), dapat kalian temukan pada link halaman berikut.


Adapun rumus frekuensi pemesanan dibawah ini merupakan menurut Ahyari (2002:72) yang dapat diuraikan dan dijelaskan sebagai berikut :
I = R : EOQ

Dimana penjelasan tersebut adalah antara lain sebagai berikut :
→ I adalah frekuensi pemesanan.
 R adalah jumlah bahan baku yang dibutuhkan.
→ EOQ adalah jumlah pembelian optimal yang ekonomis.


Demikian pembahasan mengenai fungsi dan rumus frekuensi pemesanan menurut ahli atau pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui tujuan frekuensi pemesanan, formula frekuensi pemesanan, kegunaan frekuensi pemesanan serta cara menghitung frekuensi pemesanan menurut ahli.

Daftar pustaka

Ahyari, Agus. 2002. Efisiensi Persediaan Bahan, Edisi Kedua. BPFE: Yogyakarta.
Loading...
Loading...