Pengertian Pra-aksara, Sejarah Dan Pra-sejarah

Loading...
Pengertian pra-aksara, sejarah dan pra-sejarah akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sejarah dalam materi pelajar sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan mengenai materi tentang zaman praaksara, zaman sejarah dan zaman prasejarah didalam menelusuri peradaban awal di kepulauan indonesia yang akan dijelaskan yakni antara lain :

1. Definisi pra-aksara.
2. Definisi sejarah.
3. Definisi pra-sejarah.
4. Perbedaan antara sejarah dan pra-sejarah.

Pengertian masa pra-aksara

Kata pra-aksara merupakan kata yang berasal dan terdiri dari dua kata yakni antara lain seperti :
1. Pra yang memiliki arti yakni sebelum.
2. Aksara yang memiliki arti yakni tulisan.
Pengertian Pra-aksara, Sejarah Dan Pra-sejarah
Zaman Pra-aksara, Sejarah Dan Pra-sejarah
Sehingga dengan demikian arti zaman praaksara adalah suatu zaman atau masa kehidupan / kebiasaan yang dilakukan oleh manusia sebelum mengenal tulisan.

Terdapat sebuah istilah yang tergolong sangat mirip sekali dengan masa pra-aksara atau masa dimana manusia sebelum mengenal tulisan yakni istilah Nirleka. Nir yang memiliki arti yakni tanpa dan leka yang memiliki arti yakni tulisan.

Pada bangsa Mesir Kuno telah mengenal tulisan Hierogliph mulai tahun 3000 SM, hal tersebut berarti bangsa Mesir sudah meninggalkan masa pra-aksara ditahun 3000 SM.

Sedangkan peninggalan sejarah yang berbentuk sebuah tulisan tertua yang ada di negara Indonesia adalah sebuah prasasti yang telah ditemukan diwilayah Muara Kaman provinsi Kalimantan Timur. Prasasti tersebut diperkirakan berasal dari tahun 400 Masehi. Hal tersebut berarti bahwa bangsa Indonesia mulai meninggalkan masa praaksara ditahun 400 Masehi.

Pengertian sejarah dan pra-sejarah

Arti sejarah adalah sebuah zaman atau suatu masa dimana setelah adanya tulisan (tulisan telah ditemukan), kemudian arti prasejarah adalah sebuah zaman atau suatu masa dimana sebelum ditemukannya tulisan (tulisan belum ditemukan).

Perbedaan antara sejarah dan prasejarah

Adapun yang membedakan zaman antara sejarah dan prasejarah yakni pada zaman prasejarah adalah zaman sebelum ditemukannya tulisan dan sebaliknya zaman sejarah adalah zaman setelah adanya tulisan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian pra-aksara, sejarah dan pra-sejarah, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu zaman praaksara, zaman sejarah dan zaman prasejarah, definisi pra-aksara, definisi sejarah, definisi pra-sejarah serta perbedaan antara sejarah dan pra-sejarah.
Loading...
Loading...