#4 Proses Masa Evolusi Bumi

Loading...
#4 Proses masa evolusi bumi akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sejarah dalam materi pelajar sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan mengenai materi tentang teori evolusi bumi didalam terbentuknya kepulauan, negara, indonesia, manusia, hewan dan tumbuhan yang akan dijelaskan yakni antara lain :

1. Periode masa azolkum.
2. Periode masa palaezoikum.
3. Periode masa mesozoikum.
4. Periode masa meozoikum.

Salah satu diantara teori-teori ilmiah mengenai proses terbentuknya bumi dan isinya adalah teori Dentuman Besar atau dikenal juga dengan sebutan teori Big Bang, seperti yang telah dikemukakan oleh beberapa ilmuan yakni misalnya ilmuan besar dari Inggris seperti Stephen Hawking.
#4 Proses Masa Evolusi Bumi
Masa Evolusi Bumi

Teori evolusi bumi

Adapun proses evolusi terbentuknya bumi, permukaan dan isinya dibagi menjadi beberapa periode masa yang diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

1. Zaman Azolkum

Azolkum (Yunani :a = tidak :zoon = hewan) adalah suatu zaman dimana sebelum adanya kehidupan. Pada zaman azolkum ini, bumi baru terbentuk dengan suhu yang relatif cukup tinggi, dimana waktu pada masa ini diperkirakan terjadi lebih dari satu miliar tahun yang lalu.

2. Zaman Palaezoikum

Palaezoikum adalah suatu zaman purba tertua dibumi, dimana pada zaman ini sudah meninggalkan fosil seperti fosil-fosil flora dan fauna. Masa palaezoikum ini diperkirakan berlangsung terjadi kira-kira 350.000.000 tahun.

3. Zaman Mesozoikum

Mesozoikum adalah suatu zaman purba tengah dibumi, dimana pada zaman ini ditandai dengan hewan mamalia (hewan menyusui), hewan amfibi, burung serta tumbuhan-tumbuhan berbunga. Masa mesozoikum diperkirakan terjadi lamanya 140.000.00 tahun.

4. Zaman Meozoikum

Meozoikum adalah suatu zaman purba yang baru, dimana pada zaman ini dimulai sejak 60.000.000 tahun yang lalu. Pada zaman meozoikum ini dibagi menjadi dua tahap yakni tahap Tersier dan tahap Quarter. Pada zaman ini ditandai dengan zaman es mulai menyusut, makhluk-makhluk tingkat tinggi dan manusia juga mulai hidup.


Demikian pembahasan mengenai #4 proses masa evolusi bumi, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu zaman azolkum, zaman palaezoikum, zaman mesozoikum dan zaman meozoikum serta teori evolusi bumi didalam terbentuknya kepulauan, manusia, hewan dan tumbuhan didalam teori evolusi bumi.
Loading...
Loading...