Pengertian, Rumus Titik Pemesanan Kembali (Reorder Point) Menurut Para Ahli

Loading...
Pengertian, rumus titik pemesanan kembali (reorder point) menurut para ahli akan dibahas lengkap dan detail pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang definisi titik pemesanan kembali atau ulang, formula titik pemesanan kembali serta cara menghitung titik pemesanan kembali menurut para ahli atau pakar yang akan dibahas didalam materi pendidikan ekonomi adalah antara lain :

1. Teori konsep titik pemesanan kembali atau reorder point (ROP).
2. Formula perhitungan titik pemesanan kembali atau reorder point (ROP).
3. Grafik titik pemesanan kembali atau reorder point (ROP).

Pengertian titik pemesanan kembali

Pada suatu perusahaan selain memperhitungkan konsep economic order quantity atau EOQ, perusahaan perlu juga memperhitungkan mengenai kapan harus dilakukannya pemesanan kembali atau ulang yang disebut juga dengan Reorder Point.
Pengertian, Rumus Titik Pemesanan Kembali (Reorder Point) Menurut Para Ahli
Adapun dibawah ini terdapat beberapa konsep mengenai reorder point yang dapat dijelaskan yakni antara lain sebagai berikut.

1. Rangkuti (2004:83)
Didalam bukunya menjelaskan bahwa pengertian reorder point (ROP) adalah strategi operasi persediaan merupakan titik pemesanan yang harus dilakukan suatu perusahaan sehubungan dengan adanya Lead Time dan Safety Stock.


2. Heizer dan Render (2011:75)
Sedangkan menurut Heizer dan Render yang menyatakan didalam bukunya bahwa reoder point adalah saat (titik) persediaan dimana perlu diambil tindakan untuk mengisi kekurangan persediaan pada barang tersebut.

Rumus perhitungan titik pemesanan kembali (reorder point)

Untuk mengetahui kapan waktu untuk melakukan pemesanan kembali, maka dibutuhkan sebuah formula untuk menghitungnya. Dibawah ini merupakan formula cara melakukan perhitungan titik pemesanan kembali atau reorder point (ROP) adalah dapat dijelaskan dan diuraikan sebagai berikut.
ROP = (d.L) + Safety Stock

Dimana penjelasan tersebut adalah antara lain sebagai berikut :
→ ROP adalah titik pemesanan kembali.
 d adalah pemakaian bahan baku perhari (unit/hari).
 L adalah lead time atau waktu tunggu.
 Safety stock adalah persediaan pengaman.

Grafik titik pemesanan kembali (reorder point)

Adapun grafik titik pemesanan kembali atau ulang (reorder point) berdasarkan buku Heizer dan Render yang berjudul prinsip-prinsip manajemen operasi tahun 2011 dapat ditunjukkan seperti pada gambar berikut dibawah ini :
Grafik Titik Pemesanan Ulang (Reorder Point)
Grafik Titik Pemesanan Ulang (Reorder Point)
Bentuk-bentuk persediaan mengasumsikan bahwa suatu perusahaan akan menunggu hingga tingkat persediaannya mencapai nol sebelum perusahaan tersebut memesan kembali dan dengan seketika kiriman akan diterima. Keputusan akan memesan biasanya diungkapkan dalam konteks titik pemesanan ulang tingkat persediaan dimana harus dilakukan pemesanan.

Berdasarkan definisi titik pemesanan kembali atau ulang (reorder point) seperti yang telah disebutkan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa reorder point adalah waktu dan saat-saat tertentu suatu perusahaan harus mengadakan pemesanan bahan baku kembali atau ulang, sehingga datangnya pesanan tersebut tepat dengan habisnya bahan baku yang dibeli.

Baca juga :

Demikian pembahasan mengenai pengertian, rumus titik pemesanan kembali (reorder point) menurut para ahli atau pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui definisi titik pemesanan kembali, formula titik pemesanan kembali, grafik titik pemesanan kembali atau ulang serta cara menghitung titik pemesanan kembali menurut para ahli atau pakar.

Daftar pustaka

Heizer, Jay dan Barry Render. 2011. Operations Management, Buku 1 edisi ke sembilan. Salemba empat : Jakarta.
Rangkuti, F. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Erlangga : Jakarta.
Loading...
Loading...