#3 Karakteristik Peramalan Yang Baik Menurut Ahli Dan Pakar

Loading...
#3 Karakteristik peramalan yang baik menurut ahli dan pakar akan dibahas lengkap dengan detail pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang kriteria peramalan yang baik, model peramalan yang baik, bentuk-bentuk peramalan yang baik dan bagaimana peramalan yang baik itu serta apa saja yang menjadi tolak ukur dari peramalan (forecasting) yang baik yang akan dibahas didalam materi pendidikan ekonomi adalah antara lain :

1. Kriteria berdasarkan akurasi.
2. Kriteria berdasarkan biaya.
3. Kriteria berdasarkan kemudahan.

Kriteria peramalan

Karakteristik peramalan yang baik menurut Ishak (2010:105) mempunyai beberapa kriteria yang penting yang diantaranya adalah seperti akurasi, biaya dan kemudahan.
#3 Karakteristik Peramalan Yang Baik Menurut Ahli Dan Pakar
Adapun pembahasan mengenai kriteria-kriteria tersebut adalah antara lain dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Akurasi

Akurasi dari suatu hasil peramalan diukur dengan hasil kebiasaan dan ke-konsisten-an peramalan tersebut. Hasil peramalan dikatakan bisa apabila peramalan tersebut terlalu tinggi atau rendah dibandingkan dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi. Adapun hasil peramalan dikatakan konsisten apabila besarnya kesalahan peramalan relatif kecil.


2. Biaya

Biaya yang diperlukan didalam pembuatan suatu peramalan adalah tergantung dari :
a. Jumlah item yang diramalkan.
b. Lamanya periode peramalan.
c. Metode peramalan yang dipakai.

Ketiga faktor pemicu biaya tersebut akan mempengaruhi berapa banyak data yang dibutuhkan, bagaimana pengolahan datanya (manual atau komputerisasi), bagaimana penyimpanan datanya dan siapa tenaga ahli yang diperbantukan.


3. Kemudahan

Penggunaan metode peramalan yang sederhana, mudah dibuat dan mudah untuk diaplikasikan akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Percuma menggunakan metode yang canggih, namun tidak dapat diaplikasikan pada sistem perusahaan karena keterbatasan diantaranya seperti :

a. Dana.
b. Sumber daya manusia (SDM).
c. Peralatan teknologi.

Demikian pembahasan mengenai #3 karakteristik peramalan yang baik menurut ahli dan pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui kriteria peramalan yang baik, model peramalan yang baik, bentuk-bentuk peramalan yang baik dan bagaimana peramalan yang baik itu serta apa saja yang menjadi tolak ukur dari peramalan (forecasting) yang baik didalam ekonomi dan perkembangan perusahaan.

Daftar pustaka
Ishak, Aulia. 2010. Manajemen Operasi, Edisi 1. Graha Ilmu: Yogyakarta.
Loading...
Loading...