#2 Tujuan Peramalan (Forecasting) Didalam Ekonomi

Loading...
#2 Tujuan peramalan (forecasting) didalam ekonomi akan dibahas lengkap dengan detail pada materi pelajaran ekonomi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang kegunaan peramalan, fungsi peramalan, misi peramalan, untuk apa peramalan itu dan apa saja tujuan dari peramalan (forecasting) yang akan di bahas didalam materi pendidikan ekonomi adalah antara lain :

1. Kegunaan peramalan.
2. Kesimpulan mengenai tujuan peramalan dalam ekonomi.

Penting untuk diingat bahwa dalam peramalan pada dasarnya kita benar-benar tidak mengetahui apa yang akan terjadi dan bagaimana keadaan dimasa yang akan datang, oleh karena itu sangat wajar sekali jika setiap ramalan yang telah di prediksi mengalami kesalahan atau eror.
#2 Tujuan Peramalan (Forecasting) Didalam Ekonomi

Akan tetapi kita dituntut untuk bisa dan harus terus berusaha supaya bisa menekan kesalahan-kesalahan agar sekecil mungkin atau dengan kata lain meminimalisir kesalahan yang telah terjadi sebelumnya.


Fungsi peramalan (forecasting)

Dibawah ini terdapat 2 kegunaan adanya peramalan yakni dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Dibutuhkan dan erat hubungannya pada proses perencanaan (planning)

Didalam perencanaan (planning) pastinya memerlukan peramalan, jika merencanakan serta mempersiapkan sesuatu untuk masa yang akan datang, maka meramalkan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang merupakan sebuah keharusan dan perlu dilakukan.

2. Efisiensi biaya dan menambah daya saing

Dengan adanya peramalan yang terbilang akurat dan tepat maka, dampaknya akan menghemat biaya serta akan menambah daya saing perusahaan. Adapun apabila peramalan tidak akurat maka, dampaknya akan menyebabkan biaya yang terbilang tinggi.

Contoh proses produksi pada sebuah perusahaan misalnya, peramalan yang terlalu tinggi akan mengakibatkan persediaan (stock) yang disiapkan terbilang besar, dampaknya biaya penyimpanannya pun akan menjadi besar juga.

Adapun sebaliknya jika peramalan yang terlalu rendah, akan mengakibatkan terjadinya kekurangan persediaan (stock), dampaknya adalah akan terjadinya kehilangan kesempatan (moment) untuk memperoleh atau mendapatkan keuntungan (laba).

Kesimpulan
Berdasarkan tujuan peramalan (forecasting) didalam ekonomi seperti yang telah dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan utama peramalan adalah untuk menciptakan dan menghasilkan prediksi yang akurat bagaimana keadaan dimasa yang akan datang.

Jika peramalan yang diprediksi terlalu rendah, maka dapat mengakibatkan kekurangan persediaan (stock), back order, kehilangan penjualan serta akan terjadinya kehilangan pelanggan. Akan tetapi apabila peramalan yang diprediksi terlalu tinggi dapat menghasilkan biaya persediaan yang tinggi juga. Oleh karena itu tetaplah terus berusaha agar peramalan yang telah dilakukan dapat seakurat mungkin terjadi dan sesuai dengan yang diharapkan.

Demikian pembahasan mengenai #2 tujuan peramalan (forecasting) didalam ekonomi, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui kegunaan peramalan, fungsi peramalan, misi peramalan, untuk apa peramalan itu dan apa saja tujuan dari peramalan (forecasting) didalam ekonomi dan perkembangan perusahaan.
Loading...
Loading...