#12 Kelas Mamalia Vertebrata (Bertulang Belakang) Dan Contohnya

Loading...
#12 Kelas mamalia vertebrata (bertulang belakang) dan contohnya akan dibahas lengkap pada materi pelajaran biologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang ordo mamalia vertebrata, kelas mamalia bertulang belakang, klasifikasi mamalia vertebrata dan apa saja pembagian ordo dari kelas mamalia vertebrata yang akan di bahas didalam materi pendidikan biologi adalah antara lain :

1. Ordo Artiodactyla.
2. Ordo Carnivora.
3. Ordo Cetacea.
4. Ordo Chiroptera.
5. Ordo Dermoptera.
6. Ordo Insektivora.
7. Ordo Laghomorpha.
8. Ordo Marsupialia.
9. Ordo Perissodactyla.
10. Ordo Primata.
11. Ordo Proboscidea.
12. Ordo Rodentia.

Kelas-kelas mamalia vertebrata

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian dan ciri-ciri mamalia vertebrata, arti mamalia dan makna vertebrata secara rinci lengkap dengan ciri-ciri klasifikasinya yang dapat kalian temukan pada link halaman berikut.

#12 Kelas Mamalia Vertebrata (Bertulang Belakang) Dan Contohnya
Klasifikasi Mamalia Vertebrata

Namun dibawah ini akan diulas kembali dua belas kelas mamalia vertebrata (bertulang belakang) lengkap dengan contoh makhluk hidupnya yang dapat diuraikan dan dijelaskan satu persatu sebagai berikut :

1. Ordo Artiodactyla

Ciri ciri ordo artiodactyla adalah mempunyai jari kaki yang berjumlah genap. Adapun contoh dari ordo artiodactyla adalah antara lain sebagai berikut :
a. Antelope (Antilocarpa sp).
b. Kijang (Cervus sp).
c. Banteng (Bos sondaicus).
d. Kambing (Aries sp).
e. Jerapah (Giraffa sp).
f. Unta (Camelus sp).
g. Sapi putih (Bos indicus).

2. Ordo Carnivora

Ciri ciri ordo carnivora adalah menyukai makan daging, memiliki gigi taring dan memiliki cakar. Adapun contoh dari ordo carnivora adalah antara lain sebagai berikut :
a. Serigala (Canis lupus).
b. Singa (Felis leo).
c. Harimau (Felis tigris).
d. Anjing laut (Eumetopias jubata).
e. Singa laut (Zalophus sp).
f. Tikus rumah (Felis catus).
g. Anjing (Canis familiaris).

3. Ordo Cetacea

Ciri-ciri ordo cetacea adalah mamalia yang hidup di laut. Adapun contoh dari ordo cetacea adalah antara lain sebagai berikut :
a. Dolpin laut (Dolphinus delvis).
b. Paus biru (Phalenoptera musculus).

4. Ordo Chiroptera

Ciri-ciri ordo chiroptera adalah mamalia yang bisa terbang dengan karakteristik dibagian kaki depan dan belakangnya ada membran interdigital walau dengan ukuran kaki belakang lebih kecil, ciri-ciri lainnya yakni menyukai makan buah-buahan dan terbang serta mencari makanan pada malam hari (hewan nocturnal).

Adapun contoh dari ordo chiroptera adalah antara lain sebagai berikut :
a. Kalong jawa (Pteropus edulis).
b. Vampire (Desmodus sp).
c. Kelelawar (Myotes sp).

5. Ordo Dermoptera

Ciri ciri ordo dermoptera adalah hewan bisa terbang, hal tersebut karena hewan ini memiliki 4 kaki yang dapat membentuk parasut berbulu (patagium), ciri-ciri lainnya yakni menyukai daun ataupun buah-buahan. Adapun contoh dari ordo dermoptera adalah Gakopithecus sp.

6. Ordo Insektivora

Ciri-ciri khusus ordo insektivora adalah menyukai makanan berupa serangga, cacing dan biji-bijian, ciri-ciri lainnya yakni matanya yang tertutup serta mempunyai cakar besar, sedangkan telapak kaki depannya lebih lebar.

Adapun contoh dari ordo insektivora adalah antara lain sebagai berikut :
a. Landak berbulu (Echinosorex albus).
b. Scalopus sp.
c. Scapanus sp.

7. Ordo Laghomorpha

Ciri-ciri ordo laghomorpha adalah mamalia pemakan tumbuh-tumbuhan. Adapun contoh dari ordo laghomorpha adalah kelinci (Oryctologus cuniculus).

8. Ordo Marsupialia

Ciri-ciri ordo marsupialia atau disebut juga dengan mamalia berkantung adalah hewan betinanya mempunyai kantung (marsupium) pada bagian ventralnya. Tiap-tiap anak yang lahir dengan cara prematur kemudian berkembang pada kantung induk.

Adapun contoh dari ordo marsupialia adalah antara lain sebagai berikut :
a. Kangguru (Dendrolagus sp).
b. Opossum (Didelphia marsupialia).
c. Kuskus (Phalanger sp).
d. Koala (Phascolarctus sp).

9. Ordo Perissodactyla

Ciri-ciri khusus ordo perissodactyla adalah hewan jenis ini mempunyai kaki yang berjumlah ganjil. Adapun contoh dari ordo perissodactyla adalah antara lain sebagai berikut :
a. Keledai (Equus asinus).
b. Kuda (Equus caballus).
c. Tapir (Tapirus indicus).

10. Ordo Primata

Ciri ciri khusus ordo primata adalah jenis-jenis makhluk hidup yang termasuk didalam karnivora, herbivora maupun omnivora, ciri-ciri lainnya yakni makhluk ini tergolong nocturnal maupun diurnal, mempunyai jari yang bisa digunakan untuk memanjat dan bagian tangannya besar.

Adapun contoh dari ordo primata adalah antara lain sebagai berikut :
a. Kera.
b. Monyet.
c. Orang utan.
d. Manusia.

11. Ordo Proboscidea

Ciri ciri ordo proboscidea adalah seluruh jenis gajah yang terdapat di seluruh penjuru dunia. Adapun contoh dari ordo proboscidea adalah antara lain sebagai berikut :
a. Gajah Afrika (Loxodonta africana).
b. Gajah India dan Indonesia (Elephas maximus).

12. Ordo Rodentia

Ciri-ciri khusus ordo rodentia adalah hewan ini tidak memiliki gigi taring dan bisa hidup disegala habitat. Adapun contoh dari ordo rodentia adalah antara lain sebagai berikut :
a. Tupai pohon (Sciurus sp).
b. Tikus (Rattus sp).
c. Marmut (Marmota sp).
d. Landak (Erethyson sp).
e. Mencit (Mus musculus).

Demikian pembahasan mengenai #12 kelas mamalia vertebrata (bertulang belakang) dan contohnya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui klasifikasi mamalia vertebrata, ordo mamalia vertebrata, kelas mamalia bertulang belakang dan apa saja pembagian ordo dari kelas mamalia vertebrata.
Loading...
Loading...