Asas Mencapai Partisipasi Maksimal Menurut UNDP 1997

Loading...
Asas mencapai partisipasi maksimal menurut UNDP 1997 lengkap dengan ciri-cirinya akan dibahas pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni antara lain, apa saja isi asas UNDP untuk mencapai partisipasi maksimal dari masyarakat dan apa saja ciri-cirinya.

Sebelum mengetahui apa saja asas untuk mencapai partisipasi yang maksimal dari masyarakat, pada pembahasan pembelumnya telah dibahas mengenai apa itu partisipasi. Jika kalian ingin mengetahui apa itu partisipasi, dapat kalian temukan jawabannya pada halaman berikut.

Asas Mencapai Partisipasi Maksimal Menurut UNDP 1997

Asas partisipasi UNDP

Untuk mencapai partisipasi yang maksimal dari masyarakat maka didalam dokumen kebijakan UNDP tahun 1997 menyatakan bahwa mesti adanya asas pemerintahan yang baik. Apa saja asas-asas tersebut yakni dapat diuraikan sebagai berikut.

1. Menjunjung tinggi norma kesusilaan, kepatutan dan norma hukum.
2. Untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Asas - asas tersebut memiliki ciri-ciri yang diantaranya adalah seperti berikut dibawah ini :
1. Mengikutsertakan semua kalangan.
2. Transparan.
3. Bertanggung jawab.
4. Efektif.
5. Adil.
6. Menjamin adanya supremasi hukum.
7. Menjamin bahwa prioritas-prioritas politik, sosial dan ekonomi didasarkan pada konsensus masyarakat.
8. Memperhatikan kepentingan mereka yang paling miskin dan lemah dalam proses pengambilan keputusan yang menyangkut alokasi sumber daya pembangunan.

Partisipasi pada hakekatnya mempersatukan pertimbangan antara kepentingan organisasi dan kepuasan individu. Selain itu juga partisipasi dipandang sebagai teknik hubungan kerja, hal tersebut karena ruang lingkup hubungan kerja terutama berlangsung pada proses politik, sosial, hubungan antara kelompok dengan kepentingan dalam masyarakat sehingga meraih dukungan pada pelaksanaannya.

Berbicara mengenai masyarakat, sedikit dijelaskan kembali mengenai pengertian masyarakat menurut McKeachie dan Doyle (dalam Jayadinata, 2000:26) yakni sekelompok manusia yang bergantung antara satu sama lain dan yang telah memperkembangkan pola organisasi yang memungkinkan mereka hidup bersama dan dapat mempertahankan diri sebagai kelompok.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai apa saja definisi masyarakat, dapat kalian temukan pada halaman berikut dibawah ini.


Demikian pembahasan mengenai asas mencapai partisipasi maksimal menurut UNDP 1997, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa saja isi asas UNDP untuk mencapai partisipasi maksimal dari masyarakat dan apa saja ciri-cirinya.

Daftar pustaka

Jayadinata, T. Johara. 2000. Tata Guna Tanah Dalam Perencanaan Pedesaan, Perkotaan Dan Wilayah. Bandung : ITB.
Loading...
Loading...