#5 Bentuk Partisipasi Menurut Ahli

Loading...
#5 Bentuk partisipasi menurut ahli dan pakar akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni apa saja bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan fisik maupun non fisik lengkap dengan daftar pustakanya.

Bentuk-bentuk partisipasi

Partisipasi tidak hanya sekedar menjadi salah satu dari tujuan pembangunan sosial, namun juga menjadi bagian yang integral pada proses pembangunan sosial. Partisipasi masyarakat berarti eksistensi seutuhnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja arti partisipasi menurut para ahli, arti masyarakat menurut para pakar dan apa saja pengertian partisipasi masyarakat menurut para ahli dan pakar, dapat kalian temukan pada halaman sebagai berikut dibawah ini.

Baca ini :
#5 Bentuk Partisipasi Menurut Ahli

Adapun tuntutan mengenai partisipasi masyarakat semakin menggejala, seiring kesadaran dengan hak serta kewajiban sebagai warga negara. Dibawah ini akan diuraikan mengenai beberapa bentuk partisipasi menurut ahli dan pakar yang dapat kalian ketahui sebagai berikut.

Santoso dan Iskandar (dalam Nikmatullah, 1991:38)

Didalam bukunya beliau menjelaskan bahwa partisipasi merupakan sumbangan yang diberikan oleh orang atau kelompok yang diantaranya yaitu seperti :

1. Ide dan gagasan
Buah fikiran yaitu menyumbangkan ide atau gagasan, pendapat dan partisipasi pengalaman untuk keberlangsungan suatu kegiatan.

2. Tenaga
Tenaga dalam berbagai kegiatan untuk perbaikan atau pembangunan, pertolongan bagi orang lain dan partisipasi spontan atas dasar sukarela.

3. Materi dan harta
Partisipasi harta benda misalkan menyumbangkan materi berupa uang, barang dan penyediaan sarana atau fasilitas untuk kepentingan program.

4. Keahlian
Partisipasi keterampilan yaitu berupa pemberian bantuan keahlian (skill) yang dia miliki untuk perkembangan program.

5. Ikut serta
Partisipasi sosial yaitu keterlibatan dalam kegiatan-kegiatan sosial demi kepentingan bersama.

Demikian pembahasan mengenai #5 bentuk partisipasi menurut ahli dan pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa saja bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik.

Daftar pustaka

Nikmatullah, Dewangga. 1991. Partisipasi Pemimpin Desa dalam Pembinaan Kelompok Tani di Rawa Srigi. Lampungan Selatan : Badan Penelitian Universitas Gajah Mada.
Loading...
Loading...