#6 Keuntungan Adanya Partisipasi

Loading...
#6 Keuntungan adanya partisipasi akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni apa saja keuntungan hadirnya partisipasi dan kelebihan adanya partisipasi.

Sedikit dibahas kembali mengenai kata partisipasi yakni sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu participation yang artinya adalah ikut serta. Partisipasi kaitannya erat sekali dengan masyarakat, oleh karena itu kedua kata tersebut mempunyai hubungan yang saling terhubung.

Untuk mengetahui apa arti partisipasi menurut para ahli, arti masyarakat menurut para pakar dan apa saja pengertian partisipasi masyarakat menurut para ahli dan pakar, dapat kalian temukan pada halaman sebagai berikut dibawah ini.

Baca ini :
#6 Keuntungan Adanya Partisipasi

Keuntungan partisipasi

Jika persyaratan sebagai kondisi pendahuluan tercapainya partisipasi sudah terpenuhi, maka yang akan diperoleh dan akan didapatkan adalah keuntungan-keuntungan yang dirasakan dari adanya partisipasi tersebut.

Adapun keuntungan-keuntungan adanya partisipasi yang dimaksud adalah antara lain sebagai berikut :

1. Lebih dimungkinkan diperoleh keputusan yang benar.
2. Dapat dipergunakannya kemampuan berfikir yang kreatif dari pekerja.
3. Dapat mengembalikan nilai-nilai martabat manusia (human dignity).
4. Lebih mendorong orang untuk lebih bertanggung jawab.
5. Memperbaiki semangat bekerja sama serta menimbulkan kesatuan kerja (team work).
6. Lebih memungkinkan mengetahui perubahan-perubahan.

Partisipasi pada hakekatnya adalah mempersatukan atau menyatukan pertimbangan antara kepentingan-kepentingan organisasi dan kepuasan individu. Selain dari pada itu juga dipandang sebagai suatu teknik hubungan kerja, hal tersebut karena ruang lingkup hubungan kerja.

Dalam hal ini yang terutama berlangsung dalam proses politik dan juga proses sosial serta hubungan antara kelompok kepentingan dalam masyarakat, sehingga dengan demikian mendapat dukungan dalam pelaksanaannya.


Demikian pembahasan mengenai #6 keuntungan adanya partisipasi setelah terpenuhinya persyaratan sebagai kondisi pendahuluan tercapainya partisipasi, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui keuntungan hadirnya partisipasi dan kelebihan adanya partisipasi.
Loading...
Loading...