Pengertian Teori Dan Konsep Menurut Ahli

Loading...
Pengertian teori dan konsep menurut ahli akan dibahas lengkap pada materi pelajaran bahasa indonesia sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang definisi teori dan konsep menurut para ahli serta apa beda teori dengan konsep dalam penelitian yang akan di bahas didalam materi pendidikan bahasa indonesia adalah antara lain :

1. Apa itu teori.
2. Apa itu konsep.

Pada proses penulisan sebuah skripsi, tesis, desertasi maupun makalah dan sebagainya, tentu akan dilandasi oleh suatu disiplin ilmu dengan bobot relevansi serta tidak terlepas dari teori. Adapun teori bisa memberikan arah penjelasan mengenai hubungan materi dan macam-macam aspeknya serta pemecahannya.
Pengertian Teori Dan Konsep Menurut Ahli
Pengertian Teori Dan Konsep

Arti teori dan konsep

Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai pengertian teori dan konsep menurut para ahli, apa saja yang membedakan antara teori dengan konsep dan apa pengertian dari masing-masing kedua kata tersebut, dapat kalian ketahui pada uraian sebagai berikut.

Mardalis (2003:42)
Didalam bukunya menjelaskan bahwa teori adalah sebagai suatu perangkat konsep dan definisi yang saling berhubungan, yang mencerminkan suatu pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menerangkan hubungan antara variable dengan tujuan untuk menerangkan dan meramalkan fenomena.

Dengan penjelasan yang telah diuraikan diatas maka, istilah teoritis bisa digunakan untuk menjelaskan atau menguraikan sesuatu yang diramalkan dari suatu teori, akan tetapi belum pernah terpengamatan.

Tan (dalam Koentjaraningrat, 1997:32)
Didalam bukunya menjelaskan bahwa konsep adalah sebagai suatu unsur pokok didalam suatu penelitian, kalau masalah dan kerangka teorinya sudah jelas maka biasanya sudah diketahui juga fakta mengenai hal yang menjadi pokok perhatian dan suatu konsep yang sebenarnya adalah definisi secara singkat dari sekelompok fakta atau gejala tersebut.

Dengan kata lain bahwa konsep yaitu abstraksi dari sebuah ide (gambaran) mental yang dinyatakan dalam suatu simbol atau kata. Konsep juga bisa diartikan sebagai suatu bagian dari ilmu dan pengetahuan yang dibangun oleh berbagai macam-macam karakteristik.

Pada suatu penelitian, teori sangat besar manfaatnya guna mempermudah penelitian terhadap masalah yang akan diteliti dan konsep menjadi unsur pokok didalam penelitian guna mempermudah peneliti dalam memberikan definisi mengenai fakta secara singkat.

Demikian pembahasan mengenai pengertian teori dan konsep menurut ahli didalam penelitian, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui definisi teori dan konsep menurut para ahli serta apa beda teori dengan konsep dalam penelitian.

Daftar pustaka

Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Penerbit PT. Gramedi.
Mardalis. 2003. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Penerbit : Bumi Askara.
Loading...
Loading...