#3 Alasan Utama Pentingnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Menurut Ahli

Loading...
#3 Alasan utama pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan menurut ahli dan pakar akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni seberapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan lengkap dengan daftar pustakanya.

Pada pembahasan yang telah dibahas sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai kata partisipasi. Apa pengertian partisipasi ?, partisipasi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu participation yang mempunyai makna yakni ikut serta. Partisipasi dan masyarakat sangat erat sekali kaitannya, oleh karena itu kedua kata tersebut memiliki hubungan yang saling terkait.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa arti partisipasi menurut para ahli, arti masyarakat menurut para pakar dan apa saja pengertian partisipasi masyarakat menurut para ahli dan pakar, dapat kalian temukan pada halaman sebagai berikut dibawah ini.

Baca ini :
#3 Alasan Utama Pentingnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Menurut Ahli
Pentingnya Partisipasi

Pentingnya partisipasi masyarakat

Didalam bukunya Conyers (dalam Supriatna, 2000:155) menjelaskan bahwa terdapat tiga alasan utama mengapa partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan memiliki sifat yang tergolong sangat penting yaitu dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Partisipasi masyarakat merupakan suatu alat guna memperoleh informasi mengenai kondisi dan sikap masyarakat setempat, yang tanpa kehadirannya program pembangunan serta proyek-proyek akan gagal.

2. Masyarakat akan lebih mempercayai proyek atau program pembangunan jika merasa dilibatkan dalam proses persiapan dan perencanaanya, karenanya mereka akan lebih mengetahui seluk-beluk proyek tersebut.

3. Timbul anggapan bahwa merupakan suatu hak demokrasi bila masyarakat dilibatkan dalam pembangunan masyarakat mereka sendiri.

Sehingga dengan adanya partisipasi, maka dapat memberikan keuntungan-keuntungan didalam proses pembangunan yang ingin dicapai. Apa saja keuntungan-keuntungan tersebut dapat kalian temukan pada halaman sebagai berikut.


Demikian pembahasan mengenai #3 alasan utama pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan menurut ahli dan pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui seberapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan.

Daftar pustaka

Supriatna, Tjahya. S.U. 2000. Strategi Pembangunan dan Kemiskinan. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.
Loading...
Loading...