#7 Contoh Pantun Nasehat, Jenaka, Agama Dan Maknanya

Loading...
#7 Contoh pantun nasehat, jenaka, agama dan maknanya akan dibahas secara lengkap pada materi pelajaran bahasa indonesia sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan yang akan diuraikan yakni apa arti dan contoh teks pantun nasehat dan jenaka, contoh pantun nasehat agama, belajar serta pantun nasehat dan maknanya yang akan di bahas didalam materi pendidikan bahasa indonesia adalah antara lain :

1. Pengertian pantun nasehat.
2. Contoh pantun nasehat.

Definisi pantun nasehat

Makna pantun nasehat adalah sebuah jenis pantun yang sifatnya penuntun, dimana didalam isinya yang terdapat pada baris ketiga dan keempat menyampaikan suatu pesan moral yang erat sekali kaitannya dengan nilai agama, nilai budaya dan norma sosial masyarakat.

Kemudian pantun nasehat jenaka adalah sebuah jenis pantun yang berisikan nasehat-nasehat lucu namun tetap memiliki pesan moral yang terkandung didalamnya, sedangkan pantun nasehat agama adalah sebuah jenis pantun yang berisikan nasehat-nasehat religius yang memiliki pesan moral akan nilai agama.
#7 Contoh Pantun Nasehat, Jenaka, Agama Dan Maknanya
Pantun nasehat

Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi pantun nasehat ini adalah sebagai sarana media penyampaian dan penyebarluasan nasehat-nasehat dari nilai-nilai leluhur terdahulu kepada masyarakat untuk kemudian diwariskan kepada anak dan keturunan.

Baca juga :

Contoh pantun nasehat belajar, jenaka dan agama

Dibawah ini akan diuraikan beberapa contoh-contoh pantun, baik jenis pantun jenaka, agama, perasaan dan lain sebagainya yang dapat disebutkan satu persatu lengkap dengan abstraksinya (makna yang tersirat didalamnya) antara lain sebagai berikut.

Makan nasi lauknya ikan,
Tambah sedikit sambal terasi.
Belajar selalu jangan lupakan,
Agar menjadi pelajar berprestasi.
Abstraksinya adalah : Teruslah belajar supaya menjadi pelajar yang berprestasi. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat belajar.

Anak elang jatuh ke rawa,
Ditolong oleh menjangan rusa.
Kasih dan sayang orang tua,
Selalu ada sepanjang masa.
Abstraksinya adalah : Kasih sayang orang tua tak lekang oleh waktu dan sepanjang masa. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat perasaan.

Ke mana kancil akan di kejar,
Coba lah cari ke hutan jati.
Ketika kecil rajin belajar,
Sudah besar senang lah hati.
Abstraksinya adalah : Rajin belajar disaat kecil, pada saat dewasa tidak menyesal dan senang karna banyak ilmu. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat belajar.

Dari apa kue lemang,
Dari ketan yang dipanggang.
Waktu kecil kita ditimang,
Ayah ibu harus disayang.
Abstraksinya adalah : Sayangilah ayah dan ibumu sebagaimana engkau disayangi dari kecil. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat perasaan.

Sungguh indah si pulau Bali,
Disebut orang pulau dewata.
Kalau pandangan tak lagi jeli,
Sudah saatnya berkacamata.
Abstraksinya adalah : Jika mata mulai rabun maka gunakanlah kacamata. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat anjuran.

Buah cempedak bentuknya bujur,
Sangat disukai oleh semua.
Jika kita bersikap jujur,
Hidup kita dipandang mulia.
Abstraksinya adalah : Dengan sikap jujur, hidup lebih mulia. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat sikap dan tingkah laku.

Katak jantan sedang berkaca,
Si betina merasa malu.
Anak yang suka malas membaca,
Sungguh akan terasa malu.
Abstraksinya adalah : Suka malas membaca akan malu karena kurang ilmu . Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat belajar.

Nemu gelang di pekarangan,
Tapi gelang sudah karatan.
Siapa nyampah sembarangan,
Pasti pacarnya orang utan.
Abstraksinya adalah : Jika suka buang sampah sembarangan, maka pacarnya orang utan. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat jenaka.

Baca ini : Contoh-Contoh Pantun Jenaka Dan Maknanya

Nangka muda digulai lemak,
Buah keranji masak tersangkut.
Harta dunia jangan di tamak,
Kalau mati tak akan mengikut.
Abstraksinya adalah : Hidup jangan serakah, karna harta tak dibawa mati. Contoh pantun diatas adalah pantun nasehat agama.

Demikian pembahasan mengenai #7 contoh pantun nasehat, jenaka, agama dan maknanya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu teks pantun nasehat, pengertian pantun nasehat, arti pantun nasehat, makna pantun nasehat, definisi pantun nasehat, pantun nasehat jenaka, pantun nasehat agama, pantun nasehat belajar serta pantun nasehat dan maknanya.
Loading...
Loading...