#2 Jenis Kromosom Pada Tubuh Manusia

Loading...
#2 Jenis kromosom pada tubuh manusia akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran biologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang jenis-jenis kromosom pada tubuh manusia yang akan dibahas didalam materi pendidikan biologi adalah antara lain :

1. Kromosom Autosom.
2. Kromosom Gonosom.

Pada uraian perihal kromosom sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian kromosom, fungsi kromosom dan susunan kromosom secara mendetail dan lengkap. Apabila kalian membutuhkan materi tersebut guna kalian pelajari, maka dapat kalian kunjungi halaman tersebut pada link tautan sebagai berikut dibawah ini.

#2 Jenis Kromosom Pada Tubuh Manusia
Kromosom

Jenis jenis kromosom

Setiap sel organisme memiliki satu set kromosom dengan jumlah tertentu. Adapun sel kromosom terdapat dua macam yang diantaranya adalah seperti kromosom autosom dan gonosom. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kedua jenis kromosom tersebut dapat kalian simak pada penjelasan sebagai berikut dibawah ini :

1. Kromosom autosom ( kromosom tubuh atau somatis)

Kromosom jenis autosom tidak menetukan jenis kelamin organisme, sehingga jumlah dalam sel tubuh yakni 2n-2, adapun n adalah jumlah total seluruh kromosom. Contoh kromosom pada tubuh manusia adalah 46-2 = 44 buah atau 22 pasang, dapat juga ditulis dengan 44A atau 22AA. 44 kromosom adalah kromosom autosom, sedangkan 2 dari kromosom jenis kelamin.

2. Kromosom gonosom (kromosom jenis kelamin)

Kromosom jenis gonosom menentukan jenis kelamin organisme, sehingga mempunyai susunan pasangan tidak sama pada individu jantan dan betina. Kromosom jenis gonosom pada tubuh manusia berjumlah sebanyak satu pasang atau dua buah. Contoh kromosom jenis kelamin manusia adalah antara lain sebagai berikut dibawah ini :

a. Laki-laki dilambangkan XY.
b. Perempuan dilambangkan XX.
c. Sel kromosom laki-laki 44A + XY atau 22AA + XY.
d. Sel kromosom perempuan 44A + XX atau 22AA + XX.


Demikian pembahasan mengenai #2 jenis kromosom pada tubuh manusia, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk kalian didalam mencari tahu informasi mengenai jenis-jenis kromosom serta mengklasifikasikan 2 jenis kromosom dalam tubuh manusia pada materi substansi genetik.
Loading...
Loading...