Pengertian, Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Loading...
Pengertian, ciri-ciri teks eksposisi akan dibahas secara lengkap pada materi pelajaran bahasa indonesia sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan yang akan diuraikan yakni apa arti, definisi, makna serta ciri-ciri teks eksposisi yang akan dibahas didalam materi pendidikan bahasa indonesia adalah antara lain :

1. Definisi teks eksposisi.
2. Ciri ciri teks eksposisi.

Jenis-jenis teks yang ada pada mata pelajaran bahasa indonesia terdapat banyak sekali selain teks eksposisi dan juga masing-masing teks tersebut memiliki karakteristik, ciri-ciri dan struktur yang berbeda termasuk teks eksposisi. Adapun jenis teks selain teks eksposisi adalah diantaranya seperti berikut :

1. Teks eksplanasi.
2. Teks prosedur.
4. Teks narasi.
5. Teks persuasi.
Pengertian, Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi

Teks eksposisi merupakan sebuah jenis teks dari salah satu oleh beberapa teks dalam Bahasa Indonesia yang berisikan fakta dan realita berupa informasi serta berbentuk pengembangan paragraf (paragraf yang dikembangkan lebih detail) yang ditulis secara singkat, padat dan akurat. Didalam penulisan suatu informasi (pengetahuan), jenis teks ini bukanlah karangan fiksi namun benar-benar terjadi.

Pada prakteknya yang sering dijumpai dan ditemukan, jenis teks eksposisi banyak digunakan dan diterapkan pada penulisan berita baik di media elektronik, koran, majalah dan sebagainya. Adapun sifat dari teks eksposisi yakni mengekspose (memaparkan), sehingga yang dibahas bisa bertemakan pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan lain sebagainya.

Ciri-ciri teks eksposisi

Masing-masing jenis teks seperti yang telah disebutkan diatas memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda, termasuk teks eksposisi. Dibawah ini akan diuraikan beberapa ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh teks eksposisi yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Berisikan fakta dan realita dengan sumber data yang cukup akurat, sehingga isi informasi maupun pengetahuan yang dimuat didalamnya bukan berupa fiksi maupun opini.
2. Bahasa yang digunakan baku dan lugas.
3. Menjelaskan pengetahuan dan informasi secara terbuka.
4. Sifat gaya penulisannya yakni persuasif informatif.
5. Teks didalamnya bersifat objektif, maksudnya adalah tidak memaksakan pendapat (opini) dari penulis untuk para pembaca.
6. Informasi yang disuguhkan netral, maksudnya adalah teks yang terkandung didalamnya tidak memihak ke siapapun, baik kepada golongan maupun pihak-pihak tertentu.
7. Dapat digunakan sebagai suatu alat konkritisasi serta alat kontribusi.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan ciri-ciri teks eksposisi. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu teks eksposisi, pengertian teks eksposisi, makna teks eksposisi, apa arti teks eksposisi, definisi teks eksposisi serta ciri-ciri dan karakteristik teks eksposisi.
Loading...
Loading...