Pengertian, Fungsi Dan Peranan Partai Politik Dalam Negara Demokrasi

Loading...
Pengertian, fungsi dan peranan partai politik dalam negara demokrasi akan diuraikan secara lengkap pada materi pelajaran pendidikan dan kewarganegaraan sebagai berikut ini. Partai politik adalah unsur utama dalam budaya politik didalam suatu negara dan kehidupan politik pada suatu negara ditentukan dengan kepentingan partai politik yang berdiri.

Semakin banyak partai yang ada maka semakin banyak pula kepentingan politik yang mempengaruhi suatu budaya politik, sehingga sistem politik pada suatu negara ditentukan dengan jumlah partai yang berdiri.


Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan seputar partai politik dalam negara demokrasi yakni seputar apa saja arti, fungsi dan peranan partai politik yang akan di bahas di dalam materi pendidikan dan kewarganegaraan berikut ini adalah antara lain :

1. Pengertian partai politik.
2. Fungsi partai politik.
3. Peranan partai politik.
Pengertian, Fungsi Dan Peranan Partai Politik Dalam Negara Demokrasi

Definisi partai politik

Makna partai politik adalah sekelompok warga negara (misalkan negara Republik Indonesia) yang terorganisir yang setiap anggotanya memiliki orientasi, nilai-nilai dan cita-cita yang sama. Dengan adanya kelompok ini bertujuan untuk mendapatkan kekuasaan politik dan mengambil alih kedudukan politik (secara konstitusional) guna melaksanakan kebijaksanaan mereka melalui pemilihan umum (pemilu).

4 Fungsi partai politik

Berikut ini merupakan beberapa fungsi partai politik didalam negara demokrasi nasional yang diselenggarakan oleh partai politik yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sarana komunikasi politik
Fungsinya adalah menyalurkan berbagai macam pendapat dan aspirasi masyarakat serta mengatur supaya perbedaan pendapat itu berkurang.
2. Sarana sosialisasi politik
Fungsinya adalah proses melalui tahap-tahap tertentu sehingga seseorang memperoleh sikap dan orientasi pada fenomena politik yang ada dan juga berlaku dalam suatu masyarakat.
3. Sarana perekrutan politik
Fungsinya adalah mencari dan mengajak orang yang mempunyai bakat agar aktif pada kegiatan partai sebagai anggota partai politik.
4. Sarana pengatur konflik
Fungsinya adalah usaha partai politik supaya dapat mengatasi dan mengelola konflik masyarakat dengan baik, sehingga konflik tidak merusak persatuan dan juga kesatuan rakyat.

Peranan partai politik

Partai politik adalah saluran utama guna memperjuangkan kehendak rakyat, bangsa dan negara serta juga sebagai sarana kondensasi rekruitmen kepemipinan nasional. Oleh karena itu, peserta pemilu presiden dan wakil presiden adalah pasangan calon yang memang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang pemutusannya dilaksanakan secara demokratis dan terbuka sesuai dengan mekanisme internal partai politik atau kesepakatan antar partai yang bergabung menjadi satu.


Demikian pembahasan mengenai pengertian, fungsi dan peranan partai politik dalam negara demokrasi. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu partai politik, pengertian partai politik, makna partai politik, definisi partai politik, arti partai politik, fungsi dan kegunaan partai politik serta peranan partai politik.
Loading...
Loading...