Jenis-Jenis Musik Non Tradisional Nusantara Dan Mancanegara Beserta Ciri-Cirinya

Jenis-jenis musik non tradisional nusantara dan mancanegara beserta ciri-cirinya akan diuraikan dibawah ini secara ringkas dan lengkap dalam materi pendidikan seni budaya dan keterampilan. Dalam kurun waktu yang cepat, dunia musik mengalami banyak perkembangan. Terdapat banyak sekali jenis-jenis musik non tradisonal di Indonesia yang tentunya dikembangkan oleh masyarakat Indonesia sendiri.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar seni musik non tradisional nusantara dan mancanegara yakni apa aja macam-macam musik non tradisional nusantara dan mancanegara beserta ciri-cirinya yang tentu saja akan dibahas dalam materi pelajaran seni budaya dan keterampilan.

Macam-macam musik non tradisional

Dibawah ini terdapat beberapa jenis musik non tradisional nusantara yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Jenis-Jenis Musik Non Tradisional Nusantara Dan Mancanegara Beserta Ciri-Cirinya

Musik populer

Musik populer atau pop adalah sebuah musik yang sangat digemari dan juga sangat disenangi masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Adapun musik ini tentu tidak tahan lama, mudah hilang serta mudah berganti dengan lagu-lagu lain yang baru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jenis musik non tradisional yang sangat digemari oleh generasi muda pada umumnya adalah jenis musik populer atau pop.

Proses penciptaan musik pop ini biasanya tak menggunakan bentuk komposisi, bentuk lirik, progresi chord, aransemen yang sifatnya sederhana, mudah di hapal dan juga bersifat menghibur. Berikut ini merupakan ciri-ciri musik pop adalah antara lain yang terbagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut :

Musik pop standar

Adapun ciri-ciri musik pop standar yakni diantaranya :
- Melodi yang mudah dilakukan dengan berbagai karakter lirik.
- Sangat fleksibel jika disatukan dengan jenis style lain.
- Lagu yang umumnya mudah di senandung dan diserap.
- Harmoni yang tidak terlalu rumit.
- Dengan tempo yang bervariasi.

Musik pop kreatif

Adapun ciri-ciri musik pop kreatif yakni memiliki suatu keunikan dalam ritme, melodi, harmonis, instrumen, gaya, dinamik dan juga lirik karena kepaduannya dengan gaya musik yang lainnya seperti klasik, rock dan jazz.

Musik balada

Adapun ciri-ciri musik balada yakni diantaranya :
- Mirip dengan musik pop.
- Pola melodi yang sangat bervariasi karena dibuat untuk kepentingan lirik.
- Tempo lambat dan sedang.
- Lirik yang cenderung ekspresif, sindiran (jenaka, sedih dan keras).
- Berkisah tentang rasa sosial dan suka duka kehidupan.

Musik keroncong

Musik keroncong adalah sebuah musik yang berkembang di nusantara melalui para pelaut dan budak kapal niaga bangsa portugis. Makna musik keroncong itu sendiri adalah suatu yang mengandung musik harmoni dan musik improvisasi yang terbatas. Musik keroncong ini sangatlah populer dimasa-masa kemerdekaan bahkan bertahan hingga beberapa dekade berikutnya. Tokoh-tokoh yang mempopulerkan musik ini adalah Ismail Marzuki, Gasang Martohartono, Anjar Any, Waldjinah dan Sundari Untinasih Soekotjo.

Adapun ciri-ciri musik keroncong yakni diantaranya :
- Syair-syairnya yang terdiri atas tujuh kalimat dengan dengan selingan permainan alat musik.
- Melodi mendayu-dayu yang penuh dengan cengkok seperti glisando.
- Karena tanpa adanya perkusi, beat diambil oleh ukulele dan cello.
- Ciri khasnya dengan menyebabkan kesulitan dalam mengomposisi lagu baru.

Musik dangdut

Musik dangdut adalah sebuah musik yang berkembang pesat dan merupakan salah satu genre seni musik di Indonesia. Musik dangdut asli terpengaruh oleh unsur-unsur musik india dan arab. Sebagai musik yang sangat populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh musik keroncong, dengung, langgam, gambus, rock, pop serta house musik. Tokoh-tokoh musik dangdut di Indonesia yakni Arafiq, Rhoma Irama, Inul Daratista, Ikke Nurjannah, Cici Paramida, Elvy Sukaesih, Mansyur S dan lain sebagainya.

Adapun ciri-ciri musik dangdut yakni ¬melodi dan harmoni dengan variasi yang bersifat sederhana dan cenderung bertangga nada minor. Ekspresi berdasarkan kesesuaian lirik dengan beat (gendang dan perkusi lain) kurang diperhatikan, yang konstan lebih difokuskan untuk bergoyang.

Musik gambus

Musik gambus adalah sebuah musik yang dipengaruhi oleh budaya timur tengah dengan ciri khas iramanya yang menyaksikan dan tak kalah penting isinya yang bermakna kisah pembelaan negara dan juga kisah percintaan. Perkembangan musik gambus ini terbilang sangatlah terbatas dikarenakan faktor artisnya yang masih sangat tradisional dan juga karena iramanya yang sangat monoton.

Musik campur sari

Musik campur sari adalah salah satu bentuk kesenian yang berada di daerah Jawa. Adapun bentuk musik ini yakni hasil persilangan dari musik modern dengan musik etnik. Musik ini merupakan musik hasil kreatif anak bangsa terhadap gamelan. Musik ini dipadukan dengan instrumen musik modern seperti gitar elektrik, bass, drum dan keyboard. Tokoh-tokoh musik campur sari yang berpengaruh sangat kuat adalah Didi Kempot dan Manthous.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis musik non tradisional nusantara dan mancanegara beserta ciri-cirinya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui macam-macam musik non tradisional nusantara beserta ciri-cirinya masing-masing.