Pengertian Pameran Seni Rupa Nusantara, Jenis, Contoh Dan Manfaatnya

Loading...
Pengertian pameran seni rupa nusantara, jenis, contoh dan manfaatnya akan diuraikan dibawah ini secara ringkas dan lengkap dalam materi pendidikan seni budaya dan keterampilan. Aktivitas seni tidak hanya terbatas pada proses penciptaan karya seni, tetapi bisa terlibat ke aktivitas karya seni lainnya dan salah satu dari aktivitas lain itu adalah melakukan kegiatan pameran karya seni rupa.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar artikel pameran seni rupa nusantara yakni apa itu pameran seni rupa, pengertian, definisi, arti, makna dan konsep pameran seni rupa, jenis pameran seni rupa, manfaat pameran seni rupa, contoh pameran seni rupa dan persiapan pameran seni rupa serta penyelenggaraan seni rupa nusantara seperti disekolah.

Definisi pameran seni rupa

Makna pameran adalah suatu kegiatan yang sangat penting dalam bidang kesenirupaan, karena kegiatan pameran baik sekali kegunaannya bagi siswa, seniman, pengamat seni rupa maupun bagi perkembangan seni rupa pada umumnya.

Pengertian Pameran Seni Rupa Nusantara, Jenis, Contoh Dan Manfaatnya

Melalui pameran, seorang siswa dapat memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat, baik pameran seni rupa di lingkungan sekolah ataupun masyarakat umum untuk dlihat, dinilai, dikagumi dan juga dikritik.


Jenis-jenis pameran seni rupa

Pameran karya seni rupa berdasarkan pada ragam jenis karya yang ditampilkan, adapun pameran seni rupa dapat dibedakan menjadi dua yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

1. Pameran homogen
Pameran homogen adalah pameran yang hanya menampilkan satu karya saja. Adapun contoh pameran homogen adalah seperti pameran lukisan, pameran patung dan pameran keramik.


2. Pameran heterogen
Pameran heterogen adalah pameran yang sekaligus menampilkan berbagai jenis karya seni rupa. Adapun contoh pameran heterogen adalah seperti pameran seni kriya, pameran lukisan, pameran patung, pameran keramik dan karya seni rupa lainnya yang dilakukan dalam satu ruang pameran serta dilakukan dalam waktu yang secara bersamaan.

Manfaat pameran seni rupa

Adapun manfaat dari pameran seni rupa itu sendiri yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan kemampuan berkarya.
2. Dapat melakukan penilaian atau evaluasi.
3. Sebagai sarana apresiasi.
4. Melatih siswa untuk bermasyarakat.

Penyelenggaraan pameran seni rupa

Untuk dapat menyelenggarakan pameran karya seni rupa di lingkungan sekolah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pameran sedang berlangsung, yakni diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini :

1. Mengumpulkan karya yang akan di pamerkan.
2. Menyiapkan penjaga pameran.
3. Menyiapkan ruang atau tempat dan perlengkapan pameran.
4. Menata karya-karya yang akan di pamerkan.
5. Menyiapkan publikasi dan dokumentasi.

Persiapan pameran seni rupa

Sebelum pameran dilaksanakan, perlu adanya persiapan-persiapan agar pameran itu sendiri berjalan dengan baik dengan pedoman dan prinsip-prinsip. Adapun prinsip-prinsip dan pedoman dalam merencanakan pameran karya seni rupa adalah antara lain sebagai berikut :

1. Perencanaan (planning) yang diantaranya adalah seperti :
a. Menentukan tema.
b. Menentukan rencana kegiatan.
c. Menentukan tempat pergelaran.
d. Menyusun program kegiatan.

2. Pengelolaan yang diantaranya adalah seperti :
a. Membentu panitia.
b. Menyusun rencana kerja dan jadwal kerja.
c. Memilih karya seperti pendaftaran hasil karya dan menyusun kelengkapan pameran.
d. Pendalaman materi karya pribadi.

3. Pelaksanaan yang diantaranya adalah seperti :
a. Pengorganisasian.
b. Penataan ruang.

4. Pengawasan (controlling)
Pengawasan penting dilakukan agar pelaksanaan berjalan dengan baik. Hal-hal yang perlu dikontrol diantaranya adalah antara lain sebagai berikut :

a. Organisasi penyelenggara
Organisasi penyelenggara adalah penilaian penyelenggara dengan menguraikan tata kerja penyelenggara, dari perencanaan sampai pelaksanaan.
b. Kualitas karya yang dipamerkan
Kualitas karya yang dipamerkan adalah penilaian kualitas karya dengan menguraikan kelebihan maupun kekurangan.

Cara agar karya seni rupa terlihat berkualitas saat pameran dilaksanakan

Agar suatu karya seni rupa terlihat berkualitas pada saat pameran, maka yang perlu dipersiapkan adalah 5 hal penting yang akan dijelaskan seperti dibawah ini :

1. Menyeleksi karya yang akan dipamerkan.
2. Publikasi pameran.
3. Penerangan lampu yang memadai.
4. Pembuatan catalog yang berisi judul dan nama pembuatnya.
5. Mengatur ruangan agar sirkulasi udara lancar serta tidak pengap.

Demikian pembahasan mengenai pengertian pameran seni rupa nusantara, jenis, contoh dan manfaatnya serta penyelenggaraan pameran seni rupa nusantara. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu pameran seni rupa, pengertian pameran seni rupa, makna pameran seni rupa, definisi pameran seni rupa, arti pameran seni rupa, konsep pameran seni rupa, jenis-jenis pameran seni rupa, manfaat pameran seni rupa, contoh pameran seni rupa, persiapan pameran seni rupa, penyelenggaraan pameran seni rupa nusantara disekolah, apa saja persiapan pameran seni rupa dan cara agar karya seni rupa terlihat berkualitas saat pameran dilaksanakan.
Loading...
Loading...