Pengertian Seni Tari Nusantara, Jenis-Jenis Dan Fungsinya

Loading...
Pengertian seni tari nusantara, jenis-jenis dan fungsinya akan diuraikan secara ringkas dibawah ini dalam materi pelajaran seni budaya dan keterampilan. Selain seni musik nusantara yang berkembang di Indonesia, adapula seni tari yang telah dianggap oleh banyak kalangan sebagai cabang seni yang memiliki komponen dasar berupa gerak.

Adapun point pokok pembahasan yang akan dijabarkan seputar seni tari nusantara yakni apa itu yang dimaksud dengan seni tari nusantara, pengertian seni tari nusantara, definisi seni tari nusantara, arti seni tari nusantara, makna seni tari nusantara, konsep seni tari nusantara, jenis-jenis seni tari nusantara serta kegunaan, fungsi dan peran seni tari nusantara yang tentu saja mudah dimengerti.


Pengertian seni tari

Seni tari adalah sebuah ungkapan jiwa manusia yang telah diubah oleh khayalan dan diberi bentuk gerak yang merupakan simbolisasinya sebagai ekspresi bagi penciptanya. Dengan arti lain bahwa tari juga merupakan keindahan ekspresi dari manusia yang diperagakan melalui gerak ritmis tubuh manusia juga disertai dengan estetika keindahan sehingga terciptalah bentuk seni.

Pengertian Seni Tari Nusantara, Jenis-Jenis Dan Fungsinya

Jenis-jenis seni tari nusantara

Terdapat beberapa jenis-jenis atau ragam tari nusantara yang akan disebutkan satu persatu dibawah ini yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Berdasarkan bentuk penyajian
Berdasarkan bentuk penyajian, jenis tari dapat dibagi menjadi empat macam yakni tari tunggal, tari berpasangan, tari kelompok dan tari massal.

2. Berdasarkan konsep garapannya
Berdasarkan konsep garapannya, jenis tari dapat dibedakan menjadi dua yakni tari tradisional dan tari non tradisional.

3. Berdasarkan fungsi dimasyarakat
Berdasarkan fungsi masyarakat, jenis tari dapat dibedakan menjadi tiga yakni tari upacara, tari hiburan dan tari pertunjukan.

Fungsi seni tari nusantara

Adapun dibawah ini merupakan beberapa fungsi atau kegunaan dari seni tari nusantara yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tari yang berperan sebagai sarana upacara tradisional
Contoh dari tari sebagai sarana upacara tradisional adalah tari ngaben, tari raupe serta tari saran.

2. Tari yang berperan sebagai sarana hiburan
Contoh dari tari sebagai sarana hiburan adalah tari sekar putri dan tari ratu graeni.

3. Tari yang berperan sebagai sarana pergaulan
Contoh dari tari sebagai sarana pergaulan adalah tari ketuk tilu, tari jaipong, tari maengket, tari tujuah lompat serta tari janger.

4. Tari yang berperan sebagai sarana penyalur terapi
Jenis dari tari sebagai sarana penyalur terapi biasanya dilakukan oleh penyandang cacat mental.

5. Tari yang berperan sebagai sarana media pendidikan
Tari yang berguna sebagai sarana dalam media pendidikan biasanya isinya berisikan tentang materi-materi, pesan-pesan dan makna pendidikan.

6. Tari yang berperan sebagai sarana pertunjukan
Tari didalam sarana pertunjukan berfungsi untuk memberi hiburan kepada masyarakat sekitar.

7. Tari yang berperan sebagai sarana media katarsis
Katartis memiliki arti pembersihan jiwa, tentu para penari lebih mudah melakukan nya dengan penghayatan seni yang indah.


Demikian pembahasan mengenai pengertian seni tari nusantara, jenis-jenis dan fungsinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca serta dapat dijadikan sebuah referensi informasi yang dapat membantu pembaca dalam mengetahui apa itu yang dimaksud dengan seni tari nusantara, pengertian seni tari nusantara, definisi seni tari nusantara, arti seni tari nusantara, makna seni tari nusantara, konsep seni tari nusantara, jenis-jenis seni tari nusantara serta kegunaan, fungsi dan peran seni tari nusantara.
Loading...
Loading...