Fungsi Dan Manfaat Keanekaragaman Hayati Di Indonesia

Loading...
Fungsi dan manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia akan dibahas dibawah ini secara ringkas pada materi pelajaran biologi sebagai berikut ini. Konsep keanekaragaman hayati adalah suatu tingkatan yang variatif oleh bentuk dari kehidupan alam, dimana kesehatan ekosistem bioma spesies dan termasuk fungsi dari iklim.

Keanekaragaman hayati merupakan anugerah terbesar dari sang pencipta yang telah memberikannya dengan berbagai fungsi untuk kehidupan manusia. Adapun point pokok pembahasan materi keanekaragaman hayati lengkap kelas 10 yang akan dijabarkan yakni rangkuman apa saja fungsi dan manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia yang tentu saja akan dibahas dalam materi pelajaran biologi khususnya berbagai kegunaan keanekaragaman hayati.

Manfaat keanekaragaman hayati

Dibawah ini akan diuraikan apa saja macam-macam keanekaragaman hayati di Indonesia, penyebaran keanekaragaman hayati, contoh berbagai soal keanekaragaman hayati dan berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Fungsi Dan Manfaat Keanekaragaman Hayati Di Indonesia
Manfaat Keanekaragaman Hayati Indonesia

Keanekaragaman hayati sebagai sumber pangan

Di indonesia, beras merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk. Beras dapat kita peroleh dari tanaman padi (oryza sativa). Selain itu sebagian besar penduduk juga menjadikan jagung, singkong, ubi jalar dan sagu sebagai makanan pokok. Selain tanaman penghasil makanan pokok, Indonesia kaya akan penghasil buah dan juga sayuran. Selain itu, sumber makanan juga dapat kita peroleh dari aneka ragam hewan darat, air tawar dan air laut. Sebagai contohnya adalah seperti sapi, kambing, kelinci, ayam, kepiting, belut, ikan lele, kerang serta udang.

Keanekaragaman hayati sebagai sumber dasar bahan penyembuhan

Keanekaragaman tumbuhan di Indonesia berkisar 3000 spesies, 940 spesies diantaranya adalah tanaman dasar bahan penyembuhan penyakit serta sekitar 250 spesies tanaman penyembuhan yang digunakan dalam industri herbal lokal. Dibawah ini terdapat contoh beberapa tanaman beserta kegunaannya dan khasiatnya terhadap penyembuhan suatu penyakit pada manusia yakni sebagai berikut :

1. Buah merah yang bermanfaat sebagai tanaman menyembuhkan kanker atau tumor, kolesterol tinggi dan diabetes.
2. Mengkudu bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
3. Kina adalah tumbuhan yang kulitnya mengandung alkaloid kina yang bermanfaat untuk menyembuhkan malaria.

Selain tanaman ada pula beberapa jenis hewan yang dimanfaatkan sebagai penawar berbagai penyakit yakni diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Madu dari lebah dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
2. Ular memiliki bagian daging dan lemaknya yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal atau penyakit kulit lainnya.

Keanekaragaman hayati sebagai sumber kosmetik

Beberapa tumbuhan digunakan untuk bahan dasar kosmetik yakni diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Bunga mawar, melati, cendana, kenanga dan kemuning dimanfaatkan untuk wewangian.
2. Kemuning, bengkoang, alpukat dan beras dapat digunakan sebagai lulur tradisional untuk menghaluskan kulit.
3. Urang aring, mangkokan, pandan, minyak kelapa dan lidah buaya dimanfaatkan sebagai pelumas dan penghitam rambut.

Keanekaragaman hayati sebagai sumber sandang

Ada beberapa tanaman serta beberapa hewan yang digunakan sebagai bahan sandang yakni diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Rami, kapas, pisang hutan, sisal, kenaf dan jute yang dimanfaatkan seratnya untuk menjadi kain atau bahan pakaian.
2. Tanaman labu air dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat pakaian pria dan wanita oleh suku dani yang berada di daerah Papua.
3. Ulat sutera, untuk membuat kain sutera yang memiliki nilai ekonomi sangat tinggi.
4. Sapi dan kambing yang kulitnya dimanfaatkan untuk membuat jaket dan juga untuk membuat sepatu.
5. Bulu burung dimanfaatkan untuk membuat aksesoris pakaian.

Keanekaragaman hayati sebagai sumber papan

Sebagian besar rumah menggunakan kayu terutama rumah adat. Beberapa jenis tumbuhan palem juga dimanfaatkan untuk membuat rumah di Sumatra dan Kalimantan dan alang-alang dimanfaatkan untuk membuat atap rumah. Kayu dimanfaatkan untuk membuat pintu, jendela, tiang serta alas atap. Kayu dapat kita temukan dari beberapa tanaman yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Jati
2. Kelapa
3. Nangka
4. Meranti
5. Keruing
6. Rasamala
7. Ulin serta Bambu

Keanekaragaman hayati sebagai aspek budaya

Sebagai aspek budaya di Indonesia terdapat beberapa upacara ritual keagamaan, upacara adat serta pesta tradisional yang seringkali memanfaatkan jenis-jenis tumbuhan dan hewan untuk menjalankan upacara ritual keagamaan dan kepercayaannya yakni diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Budaya nyekar pada masyarakat jawa menggunakan bunga mawar, kenanga, kantil serta melati.
2. Upacara di Toraja menggunakan berbagai macam tumbuhan, misalnya daun kelapa, pisang dan rempah-rempah.
3. Upacara ngaben di Bali menggunakan 39 jenis tanaman yang diantaranya kenanga, melati, cempaka, pandan, sirih, cendana, tebu hitam, kelapa gading dan lain-lain.
4. Umat Islam menggunakan hewan ternak kambing, sapi dan kerbau pada saat hari raya Qurban.
5. Umat Nasrani menggunakan pohon cemara pada saat perayaan Natal.

Keanekaragaman hayati sebagai sumber plasma nutfah

Plasma nutfah adalah suatu bagian tubuh tumbuhan, hewan atau mikroorgnisme yang memiliki fungsi serta kemampuan dalam mewariskan sifat. Setiap organisme yang masih liar di alam maupun yang sudah dibudayakan manusia yang mengandung plasma nutfah. Perlu diketahui bahwa plasma nutfah berguna untuk merakit varietas unggul pada suatu spesies, misalnya spesies yang tahan terhadap suatu penyakit atau memiliki produktivitas tinggi.

Demikian pembahasan tentang fungsi dan manfaat keanekaragaman hayati. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa saja fungsi dan manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia dan juga macam-macam keanekaragaman hayati.
Loading...
Loading...