#8 Wilayah Persebaran Fauna Menurut Alfred Russel Wallace

Loading...
#8 wilayah persebaran fauna menurut Alfred Russel Wallace akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Daerah atau Wilayah Persebaran Fauna yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Persebaran fauna di wilayah Ethiopian.
2. Persebaran fauna di wilayah Paleartik.
3. Persebaran fauna di wilayah Neartik.
4. Persebaran fauna di wilayah Neotropikal.
5. Persebaran fauna di wilayah Oriental.
6. Persebaran fauna di wilayah Australian.
7. Persebaran fauna di wilayah Oceanik.
8. Persebaran fauna di wilayah Antartik.

Alfred Russel Wallace wilayah persebaran fauna terdiri atas 8 wilayah yaitu antara lain Ethiopian, Paleartik, Oriental, Austraulian, Neotropikal, Neartik, Oceanik dan Antartik. Untuk lebih jelas dan pemahaman kalian, semakin mantap mengenal letak wilayah persebarannya, cobalah mempelajari materi ini sambil menggunakan peta dunia. Kedelapan wilayah persebaran fauna tersebut adalah sebagai berikut :
Baca juga : Wilayah Persebaran Fauna di Dunia

#8 wilayah persebaran fauna menurut Alfred Russel Wallace

1. Wilayah Ethiopian
Wilayah persebaran Ethiopian meliputi Benua Afrika, dari sebelah Selatan Gurun Sahara, Madagaskar dan Selatan Saudi Arabia. Hewan yang khas pada daerah atau wilayah Ethiopian adalah antara lain seperti gajah afrika, badak afrika, gorila, baboon, simpanse, dan jerapah.

Mamalia padang rumput seperti zebra, antilope, kijang, singa, jerapah, harimau dan mamalia pemakan serangga yaitu trenggiling. Mamalia endemik di wilayah Ethiopian adalah kuda nil yang hanya terdapat di Sungai Nil, Mesir. Namun di Madagaskar juga terdapat kuda nil namun lebih kecil.

Menurut sejarah pulau Madagaskar pernah bersatu dengan Afrika. Wilayah Ethiopian juga memiliki hewan yang hampir sama dengan di wilayah Oriental seperti : golongan kucing, bajing, tikus, babi hutan, kelelawar dan anjing.

2. Wilayah Paleartik
Wilayah persebarannya sangat luas meliputi hampir seluruh benua Eropa, Uni Sovyet, daerah dekat Kutub Utara sampai Pegunungan Himalaya, Kepulauan Inggris di Eropa Barat sampai Jepang, Selat Bering di pantai Pasifik, dan benua Afrika paling Utara.

Kondisi lingkungan wilayah Paleartik bervariasi, baik perbedaan suhu, curah hujan maupun kondisi permukaan tanahnya, menyebabkan jenis faunanya juga bervariasi. Beberapa jenis fauna Paleartik yang tetap bertahan di lingkungan aslinya yaitu Panda di Cina, unta di Afrika Utara, binatang kutub seperti rusa kutub, kucing kutub dan beruang kutub.

Binatang-binatang yang berasal dari wilayah Paleartik adalah antara lain seperti kelinci, sejenis tikus, berbagai spesies anjing, kelelawar. Bajing dan kijang telah menyebar ke wilayah lainnya.

3. Wilayah Neartik
Wilayah persebarannya meliputi kawasan Amerika Serikat, Amerika Utara dekat Kutub Utara dan Greenland. Hewan khas daerah Neartik adalah antara lain seperti ayam kalkun liar, tikus berkantung di Gurun Pasifik Timur, bison, muskox, caribau dan domba gunung. Di daerah Neartik juga terdapat beberapa jenis hewan yang ada di wilayah Paleartik seperti kelinci, kelelawar, anjing, kucing dan bajing.

4. Wilayah Neotropikal
Wilayah persebarannya meliputi Amerika Tengah, Amerika Selatan dan sebagian besar Meksiko. Iklim di wilayah Neotropikal sebagian besar beriklim tropik dan bagian selatan beriklim sedang. Hewan endemiknya adalah ikan piranha dan belut listrik di Sungai Amazone, lama (sejenis unta) di padang pasir Atacama (Peru), tapir dan kera hidung merah.

Wilayah Neotropikal sangat terkenal sebagai wilayah fauna Vertebrata karena jenisnya yang sangat beranekaragam dan spesifik, seperti bebrapa spesies monyet, trenggiling, beberapa jenis reptil seperti buaya, ular, kadal, beberapa spesies burung dan ada sejenis kelelawar penghisap darah.

5. Wilayah Oriental
Fauna di wilayah ini tersebar di kawasan Asia terutama Asia Selatan dan Asia Tenggara. Fauna indonesia yang masuk wilayah ini hanya di Indonesia bagian barat. Hewan yang khas wilayah Oriental adalah harimau, orang utan, gibbon, rusa, banteng dan badak bercula satu. Hewan lainnya adalah badak bercula dua, gajah, beruang, antilop berbagai jenis reptil dan ikan.

Adanya jenis hewan yang hampir sama dengan wilayah Ethiopian antara lain kucing, anjing, monyet, gajah, badak dan harimau, menunjukkan bahwa Asia Selatan dan Asia Tenggara pernah menjadi satu daratan dengan Afrika.

6. Wilayah Australian
Wilayah ini mencakup kawasan Australia, Selandia Baru, Irian, Maluku dan pulau-pulau sekitarnya. Beberapa hewan khas wilayah Australian adalah antara lain seperti kanguru, kiwi, koala, cocor bebek (sejenis mamalia bertelur).

Terdapat beberapa jenis burung yang khas wilayah Australian adalah antara lain seperti burung cendrawasih, burung kasuari, burung kakaktua dan betet. Kelompok reptil antara lain buaya, kura-kura dan ular piton.

7. Wilayah Oceanik
Fauna di wilayah ini tersebar di kawasan kepulauan di Samudra Pasifik. Wilayah ini merupakan pengembangan dari wilayah Australian daratan, dengan spesifikasi fauna tertentu. Oleh karena itu, jenis faunanya hampir sama dengan wilayah Australian.

8. Wilayah Antartik
Seperti namanya, maka wilayahnya mencakup kawasan di kutub selatan. Jenis fauna yang hidup di daerah Antartik memiliki bulu lebat dan mampu menahan dingin, misalnya rusa kutub, burung pinguin, anjing laut, kelinci kutub dan beruang kutub.

Demikian pembahasan mengenai #8 wilayah persebaran fauna menurut Alfred Russel Wallace.
Loading...
Loading...