Loading...

Pengertian Persebaran Dan Kepadatan Penduduk

Loading...
Pengertian persebaran dan kepadatan penduduk akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Geografi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang persebaran dan kepadatan penduduk yang akan di bahas didalam materi pendidikan geografi adalah antara lain :

1. Definisi persebaran penduduk.
2. Definisi kepadatan penduduk.
3. #3 Faktor yang mempengaruhi penyebaran dan kepadatan penduduk.
4. #2 Ukuran kepadatan penduduk.

Pengertian persebaran penduduk

Persebaran penduduk adalah bentuk dari penyebaran penduduk disuatu wilayah atau negara, yang mana apakah penduduk dinegara atau wilayah tersebut tersebar dengan merata atau tidak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti persebaran penduduk adalah penyebaran suatu penduduk pada suatu wilayah ke wilayah yang lainnya dalam suatu negara dan dapat menjadi indikator apakah sudah merata atau tidak persebaran penduduk didalam suatu negara tersebut.
Pengertian persebaran dan kepadatan penduduk
Baca juga : Pengertian, #5 Macam Pertumbuhan Penduduk
Jumlah penduduk di Indonesia tergolong sangat besar, namun persebaran penduduknya ternyata tidak merata. Konsentrasi persebaran penduduk sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor yang diantaranya seperti faktor sejarah, kondisi fisik misal seperti relief, ketinggian tempat, kesuburan tanah dan kondisi air.

Dan salah satu permasalahan mengenai persebaran penduduk di Indonesia adalah telah terjadinya ketimpangan antara penduduk yang tinggal dipulau Jawa dengan penduduk yang berada diluar pulau Jawa. Adapun luas pulau Jawa hanya berkisar kira-kira diantara 7% dari luas nasional, akan tetapi penduduk yang tinggal dipulau Jawa mencapai hingga 60% dari penduduk Indonesia. Hal tersebut dapat terjadi yang disebabkan oleh faktor sejarah, yaitu sejak pada zaman penjajahan bahkan sejak zaman kerajaan pulau Jawa telah menjadi pusat pemerintahan.

Pengertian kepadatan penduduk

Kepadatan penduduk adalah angka yang menunjukkan jumlah rata-rata penduduk setiap km2 pada suatu wilayah.

Faktor yang mempengaruhi penyebaran dan kepadatan penduduk

Adapun dibawah ini terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran dan kepadatan penduduk tiap-tiap daerah adalah antara lain sebagai berikut :

1. Faktor fisiografis
Penduduk selalu memilih tempat tinggal yang baik, strategis, subur, relief yang baik, cukup air dan daerahnya awam.

2. Faktor biologi
Tingkat pertumbuhan penduduk di setiap daerah berbeda. Hal ini disebabkan adanya perbedaan tingkat kematian, kelahiran dan angka perkawinan.
Baca juga : Pengertian, Rumus, Faktor Angka Kematian Penduduk
3. Faktor kebudayaan dan teknologi
Daerah yang masyarakatnya maju, pola berpikirnya bagus dan keadaan pembangunan fisiknya maju akan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan daerah yang terbelakang.

#2 ukuran kepadatan penduduk

Kepadatan penduduk dapat dinyatakan dengan dua ukuran, yaitu kepadatan penduduk aritmatika dan kepadatan penduduk agraris. Berikut penjelasan lebih detailnya :

1. Kepadatan penduduk aritmatika
Biasanya disebut juga dengan istilah kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk rata-rata setiap km2.
Kepadatan penduduk (aritmatika) = Jumlah Penduduk : Luas Wilayah (km2)

2. Kepadatan penduduk agraris
Kepadatan penduduk agraris adalah jumlah rata-rata penduduk petani per 1 kilometer persegi luas lahan pertanian.
Kepadatan penduduk agraris = Jumlah petani : Luas lahan pertanian (km2)

Kesimpulan materi persebaran dan kepadatan penduduk

Makna persebaran penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk disuatu wilayah atau negara, apakah penduduk tersebut tersebar merata atau tidak. Persebaran penduduk yang tidak merata dapat menyebabkan permasalahan seputar ketersediaan sumber daya manusia, terutama bagi daerah yang luas dan potensi sumber daya alam yang relative besar sedangkan makna kepadatan penduduk adalah angka yang menunjukkan jumlah rata-rata penduduk setiap km2 pada suatu wilayah.

Demikian pembahasan geografi mengenai pengertian persebaran dan kepadatan penduduk.
Loading...
Loading...