Loading...

Tanda Dan Contoh Beriman Kepada Rasul Allah

Loading...
Tanda-tanda dan contoh beriman kepada rasul allah akan dibahas lengkap pada materi pelajaran Agama Islam sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang Iman Kepada Rasul-Rasul Allah SWT yang akan di bahas didalam materi pendidikan agama islam adalah antara lain :

1. Tanda-tanda beriman kepada rasul Allah SWT.
2. Sifat-sifat rasul Allah SWT.
3. Contoh-contoh perilaku beriman kepada rasul Allah SWT.

Tanda-tanda beriman kepada rasul Allah SWT

Didalam agama islam tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah SWT bagi umat muslim adalah berupa sikap serta perbuatan yang diterapkan didalam kehidupannya sehari-hari. Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan dengan lengkap pengertian iman kepada rasul-rasul Allah yang dapat dibaca pada halaman berikut :
Baca ini : Pengertian Iman Kepada Rasul Allah SWT
Tanda-tanda dan contoh beriman kepada rasul allah
Adapun tanda-tanda beriman kepada rasul-rasul Allah SWT adalah antara lain sebagai berikut :
→ Mempercayai dengan sepenuh hati tentang risalahnya.
→ Mempercayai dengan sepenuh hati bahwa para rasul-rasul adalah utusan Allah SWT yang diberikan risalah untuk menegakkan kalimat tauhid.
→ Mempercayai bahwa diantara para rasul-rasul Allah SWT terdapat lima rasul yang mendapatkan Gelar Ulul Azmi yaitu Nabi Muhammad saw, Ibrahim as, Musa as, Isa as dan Nuh as.
→ Mempercayai dengan sepenuh hati bahwa para rasul-rasul Allah SWT mempunyai kemuliaan hati serta sifat-sifat yang terpuji dan mustahil mempunyai sifat-sifat yang tercela.

Sifat-sifat rasul Allah SWT

Dibawah ini merupakan sifat-sifat rasul Allah SWT adalah antara lain sebagai berikut :
No Sifat wajib Artinya Sifat mustahil Artinya
1.
Sidik
Benar Kizib Berdusta
2. Amanah Dapat dipercaya Khianat Berkhianat
3. Tablig Menyampaikan Kitman Menyembunyikan
4. Fatanah Cerdas Baladah Bodoh

Contoh-contoh perilaku beriman kepada rasul Allah SWT

Dibawah ini terdapat beberapa contoh perilaku beriman kepada rasul-rasul Allah SWT yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menjalankan perintahnya didalam kehidupan sehari-hari
Hal tersebut seperti yang telah difirmankan oleh Allah SWT didalam Al-Qur’an Surah Al-Hasyr ayat 7 yang artinya adalah “apa yang di berikan rasul kepadamu maka terimalah dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah, dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah sangat keras hukumannya” (Q.S. Al-Hasyr: 7).

2. Beribadah kepada Allah dan menjauhkan diri dari segala bentuk perilaku syirik didalam kehidupan sehari-hari
Hal tersebut seperti yang telah difirmankan oleh Allah SWT didalam Al-Qur’an Surah An-Nisa’ ayat 36 yang artinya adalah “sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri” (Q.S. An-Nisa’: 36).

3. Tekun serta rajin bekerja dalam kehidupan sehari-hari
Bagi seorang muslim dengan bekerja pada pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang telah dimilikinya adalah suatu hal yang terbaik. Hal tersebut seperti yang telah dijelaskan oleh Rasulullah saw didalam hadisnya seperti berikut :

“Tidak seorangpun yang makan lebih enak dari pada makan usahanya sendiri. Sesungguhnya Nabi Daud as makan hasil usahanya (makanan yang terbaik untuk dimakan seorang ialah makanan yang berasal dari hasil jenih payahnya, Nabi Daud as juga makan dari hasil kerjanya)”. (H.R. Bukhari, Abu Daud, dan An-Nasa’i).

4. Berakhlak yang baik kepada sesama umat Islam
Hal tersebut seperti yang telah dijelaskan oleh Rasulullah saw didalam hadisnya seperti berikut :

“Dari Abdullah bin Amr berkata bahwa Rasulullah saw : Orang Islam itu saudara orang Islam lainnya, maka janganlah ia menganiayanya dan janganlah ia membiarkan saudaranya (terjerumus ke dalam sesuatu yang membahayakan). Barang siapa yang (memenuhi) keperluan saudaranya (sesama muslim), Allah akan menolong (memenuhi) apa yang menjadi keperluannya. Dan barang siapa yang memudahkan (memberi jalan keluar) kesulitan saudaranya (sesama muslim), Allah akan memudahkan kesulitannya di hari kiamat. Dan barang siapa yang menutupi aib orang Islam, maka Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat” (H.R. Bukhari Muslim, Abu Daud, An-Nasa’i dan Tirmizi).

Ingin tahu apa saja tugas utama diutusnya Rasul Allah SWT ?, silahkan menuju pada halaman berikut dan temukan apa saja tugas utamanya.
Baca ini : 6 Tugas Utama Diutusnya Rasul Allah
Demikian pembahasan mengenai tanda-tanda dan contoh beriman kepada rasul Allah SWT, semoga apa yang telah dijelaskan diatas bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjadi rujukan atau referensi bagi para pembaca yang sedang mencari tanda-tanda beriman kepada rasul Allah SWT dan contoh beriman kepada rasul Allah SWT.
Loading...
Loading...