Mamalia Vertebrata (Bertulang Belakang) : Pengertian Dan Ciri-Cirinya

Loading...
Mamalia vertebrata (bertulang belakang) : pengertian dan ciri-cirinya akan dibahas lengkap pada materi pelajaran biologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang arti mamalia vertebrata, makna mamalia vertebrata, konsep mamalia vertebrata dan ciri-ciri klasifikasi mamalia vertebrata yang akan di bahas didalam materi pendidikan biologi adalah antara lain :

1. Definisi mamalia vertebrata.
2. Ciri-ciri klasifikasi mamalia vertebrata.

Pengertian mamalia vertebrata

Mamalia adalah hewan yang menyusui anaknya dan berciri-cirikan tubuh hewan tersebut ditutup oleh rambut. Sedangkan vertebrata adalah suatu jenis hewan yang mempunyai tulang belakang atau disebut juga dengan makhluk bertulang punggung.
Mamalia Vertebrata (Bertulang Belakang) : Pengertian Dan Ciri-Cirinya
Mamalia Vertebrata

Ciri-ciri dan klasifikasi mamalia vertebrata

Adapun pada mamalia vertebrata diklasifikasikan menjadi 12 kelas atau 12 ordo lengkap dengan ciri-cirinya yakni antara lain sebagai berikut dibawah ini.

1. Ordo Artiodactyla
Ciri ciri ordo artiodactyla adalah mempunyai jari kaki yang berjumlah genap.
2. Ordo Carnivora
Ciri ciri ordo carnivora adalah menyukai makan daging, memiliki gigi taring dan memiliki cakar.
3. Ordo Cetacea
Ciri-ciri ordo cetacea adalah mamalia yang hidup di laut.

4. Ordo Chiroptera
Ciri-ciri ordo chiroptera adalah mamalia yang bisa terbang dengan karakteristik dibagian kaki depan dan belakangnya ada membran interdigital walau dengan ukuran kaki belakang lebih kecil, ciri-ciri lainnya yakni menyukai makan buah-buahan dan terbang serta mencari makanan pada malam hari (hewan nocturnal).

5. Ordo Dermoptera
Ciri ciri ordo dermoptera adalah hewan bisa terbang, hal tersebut karena hewan ini memiliki 4 kaki yang dapat membentuk parasut berbulu (patagium), ciri-ciri lainnya yakni menyukai daun ataupun buah-buahan.

6. Ordo Insektivora
Ciri-ciri khusus ordo insektivora adalah menyukai makanan berupa serangga, cacing dan biji-bijian, ciri-ciri lainnya yakni matanya yang tertutup serta mempunyai cakar besar, sedangkan telapak kaki depannya lebih lebar.

7. Ordo Laghomorpha
Ciri-ciri ordo laghomorpha adalah mamalia pemakan tumbuh-tumbuhan.

8. Ordo Marsupialia
Ciri-ciri ordo marsupialia atau disebut juga dengan mamalia berkantung adalah hewan betinanya mempunyai kantung (marsupium) pada bagian ventralnya. Tiap-tiap anak yang lahir dengan cara prematur kemudian berkembang pada kantung induk.

9. Ordo Perissodactyla
Ciri-ciri khusus ordo perissodactyla adalah hewan jenis ini mempunyai kaki yang berjumlah ganjil.

10. Ordo Primata
Ciri ciri khusus ordo primata adalah jenis-jenis makhluk hidup yang termasuk didalam karnivora, herbivora maupun omnivora, ciri-ciri lainnya yakni makhluk ini tergolong nocturnal maupun diurnal, mempunyai jari yang bisa digunakan untuk memanjat dan bagian tangannya besar.

11. Ordo Proboscidea
Ciri ciri ordo proboscidea adalah seluruh jenis gajah yang terdapat di seluruh penjuru dunia.
12. Ordo Rodentia
Ciri-ciri khusus ordo rodentia adalah hewan ini tidak memiliki gigi taring dan bisa hidup disegala habitat.

Demikian pembahasan mengenai mamalia vertebrata (bertulang belakang) : pengertian dan ciri-cirinya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian didalam mengetahui arti mamalia vertebrata, makna mamalia vertebrata, konsep mamalia vertebrata dan ciri-ciri klasifikasi mamalia vertebrata.
Loading...
Loading...