Biografi Vasco Da Gama

Loading...
Biografi Vasco da Gama akan dibahas pada materi pelajaran sejarah sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sejarah dibawah ini yakni profile singkat Vasco Da Gama.

Profile Vasco da Gama

Vasco da Gama adalah seorang penjelajah dengan latar belakang kebangsaannya yakni Portugis, beliau menemukan jalur jalan laut secara langsung mulai dari Eropa hingga ke Malabar India dengan cara menjelajah dan keliling laut Afrika atau dengan kata lain melakukan penjelajahan laut mengelilingi Afrika.

Nama : Vasco da Gama.
Lahir : Sines, Alentejo, Portugal Tahun 1469.
Wafat : 24 Desember 1524 di Kochim, India.
Keluarga bangsawan : Gama.
Bapak : Estêvão da Gama.
Biografi Vasco Da Gama
Vasco Da Gama

Sejarah perjalanan Vasco da Gama :

Vasco da Gama berlayar dengan tujuan mencari wilayah baru serta melakukan pencarian cadangan sumber daya alam (SDA) dengan berbagai dukungan perkembangan IPTEK seperti teknologi pelayaran dan revolusi ilmu pengetahuan sesudah timbulnya teori heliosentris oleh Nicholas Capernicus.

Beliau mendapatkan perintah oleh raja Manuel I dari Portugal dengan maksud untuk mencari daerah baru pada wilayah timur agar segera melanjutkan penjelajahan laut yang pada sebelumnya dilakukan oleh Bartolomeu Dias yang sudah pernah mencapai Tanjung Harapan di Afrika pada tahun 1488.

Adapun didalam proses perjalanan pelayarannya menuju India, beliau berhasil membangun rute perjalanan laut dari Eropa - India serta mendorong hubungan perdagangan dengan Asia Tenggara. Pada saat sebelum terbentuknya rute Eropa - India, jalur perdagangan menuju ke Asia harus melewati jalur darat yang terkenal dengan sebutan rute Jalur Sutera.

Rute jalur sutera ini dinilai dan dirasakan tidak aman serta lebih mahal, sehingga rute ini dianggap penuh bahaya. Berdasarkan perjalanan sebelumnya yang pernah melalui jalur ini, hanya dua dari empat kapal yang berhasil kembali ke Portugal dengan selamat pada tahun 1499.

Perjalanan pelayaran pertama yang dilakukan oleh Vasco da Gama tidak berhasil membawa barang-barang dari India, akan tetapi langsung menciptakan era kekuasaan dan kolonialisme Eropa selama ratusan tahun dengan melalui kekuatan laut dan perdagangan.

Kolonialisme Portugis juga berjalan selama ratusan tahun di India dan Asia Tenggara, dimana didalamnya termasuk Nusantara (negara Republik Indonesia saat ini) yang menghasilkan kekayaan serta kekuasaan bagi Portugal.

Vasco da Gama pulang kembali ke Portugal pada September 1499, beliau dinilai sebagai seorang yang telah berhasil mewujudkan dan menciptakan rencana yang sudah disusun selama 80 tahun sebelumnya. Beliau diberi gelar Admiral Samudera Hindia serta dianugerahi dengan gelar Dom oleh Manuel I.

Pelayaran yang dilakukan oleh Vasco da Gama membuktikan bahwa pantai timur yang terletak pada Afrika sangat strategis sekali bagi kepentingan Portugis. Adapun pelabuhannya banyak menyediakan kebutuhan yang diperlukan diantaranya seperti air bersih, logistik, kayu, reparasi kapal serta tempat menunggu sementara dari musim yang tidak menguntungkan. Sementara itu juga komoditi rempah-rempah sudah jelas terbukti memberikan kontribusi penting bagi perekonomian Portugal.

Tanggal 12 Februari 1502, beliau melakukan pelayaran kedua dengan sebuah armada serta 20 kapal siap tempur dengan tujuan imperalisme. Beliau meluluh lantahkan Calicut dan membawa pulang sutera serta emas guna membuktikan kepada raja portugal bahwa beliau telah menaklukkan India.

Dengan meraih reputasi tinggi sebagai seorang raja samudera, Vasco da Gama kembali diutus menuju ke India pada tahun 1524 dengan rencana untuk menggantikan Eduardo de Menezes sebagai raja muda atau wakil dari wilayah kekuasaan Portugal.

Namun pada saat ditengah-tengah perjalanan menuju India, Vasco da Gama menderita penyakit malaria. Tidak lama setelah tiba di India (Goa), beliau meninggal di kota Cochin pada malam Natal pada tahun 1524.

Mulanya tubuh Vasco da Gama dimakamkan di Gereja St. Francis, Fort Kochi, Kochi dan setelah itu dimakamkan kembali (dipindahkan) ke Portugal pada tahun 1539 di Vidigueira. Adapun biara Hieronimit di Belém didirikan guna menghormati pelayarannya menuju ke India.

Dan untuk menghargai jasa-jasa yang pernah dilakukannya, nama Vasco da Gama kemudian di abadikan menjadi sebuah nama kota, nama jembatan dan bahkan namanya juga digunakan pada tiga klub sepak bola yang ada di Brazil.

Demikian pembahasan mengenai biografi Vasco da Gama, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui siapa itu Vasco da Gama, perjalanan pelayaran Vasco da Gama serta profile singkat Vasco Da Gama.
Loading...
Loading...