#7 Persyaratan Pendahuluan Tercapainya Partisipasi Menurut Ahli

Loading...
#7 Persyaratan pendahuluan tercapainya partisipasi menurut ahli dan pakar akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni syarat-syarat pendahuluan guna tercapainya partisipasi menurut pakar dan ahli.

Kata partisipasi merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu participation yang berarti ikut serta. Partisipasi erat kaitannya dengan masyarakat, sehingga kedua kata tersebut memiliki hubungan yang saling terhubung.

Untuk mengetahui apa arti partisipasi menurut para ahli, arti masyarakat menurut para pakar dan apa saja pengertian partisipasi masyarakat menurut para ahli dan pakar, dapat kalian temukan pada halaman sebagai berikut dibawah ini.

Baca ini :
#7 Persyaratan Pendahuluan Tercapainya Partisipasi Menurut Ahli

Syarat pendahuluan partisipasi

Dibawah ini akan disebutkan dan dijelaskan satu persatu mengenai beberapa persyaratan sebagai kondisi pendahuluan tercapainya partisipasi menurut Westra (1989:16-17) yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Waktu yang cukup

Tersedianya waktu yang cukup untuk mengadakan partisipasi, partisipasi sulit dilaksanakan dalam keadaan yang serba darurat.

2. Pembiayaan yang efektif

Pembiayaan hendaklah tidak melebihi nilai-nilai hasil yang diperoleh serta memperhatikan segi-segi penghematan.

3. Pandangan penting

Pelaksanaan partisipasi haruslah memandang penting serta urgent terhadap kelompok kerja yang akan dipartisipasi olehnya.

4. Kemampuan khusus

Pelaku partisipasi haruslah mempunyai kemampuan-kemampuan tertentu sampai kederajat tersebutlah mereka efektif untuk dipartisipasikan misalnya syaratnya tentang kecakapan (intelegensinya).

5. Hubungan timbal balik

Pelaku partisipasi haruslah dapat berhubungan timbal balik agar dapat saling bertukar ide-ide dengan pengertian dan bahasa yang sama.

6. Tidak memihak

Tidak adanya pihak-pihak yang merasa bahwa posisinya terancam dengan adanya partisipasi itu, baik bagi pihak pemimpin maupun pihak pekerja.

7. Kebebasan bekerja

Partisipasi akan dapat efektif jika didasari atas azas adanya kebebasan bekerja.

Demikian pembahasan mengenai #7 persyaratan pendahuluan tercapainya partisipasi menurut ahli dan pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa saja syarat-syarat pendahuluan guna tercapainya partisipasi menurut para pakar dan ahli.

Daftar pustaka

Westra, Pariata. 1988. Manajemen Personalia. Yogyakarta : Liberti.
Loading...
Loading...