#2 Tipe Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Pembangunan Menurut Ahli

Loading...
#2 Tipe partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan menurut ahli dan pakar akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan yang akan dijelaskan pada materi pendidikan sosiologi dibawah ini yakni tipe-tipe partisipasi masyarakat, model partisipasi masyarakat dan macam-macam partisipasi masyarakat pada proses pembangunan lengkap dengan daftar pustakanya.

Tipe partisipasi masyarakat

Partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan terutama pada masyarakat desa, menyangkut dua tipe yang pada prinsipnya seperti yang dijelaskan dalam bukunya Koetjaraningrat (1997:79-80) yakni antara lain sebagai berikut :
#2 Tipe Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Pembangunan Menurut Ahli
Dua Tipe Partisipasi Masyarakat

1. Partisipasi pada aktivitas-aktivitas bersama dalam proyek-proyek pembangunan yang khusus

Pada tipe ini masyarakat pedesaan diajak, persuasi, perintah atau dipaksa oleh wakil-wakil dari beraneka warna, departemen atau pamong desa untuk berpartisipasi atau menyumbangkan tenaga atau hartanya kepada proyek-proyek pembangunan yang khusus yang biasanya bersifat fisik.

2. Partisipasi sebagai individu diluar aktivitas-aktivitas bersama dalam pembangunan

Pada partisipasi tipe yang kedua ini tidak ada proyek aktivitas bersama yang khusus, tetapi ada proyek-proyek pembangunan. Biasanya yang tidak bersifat atau memerlukan paksaan dari atasnya, tetapi selalu atas dasar kemauan sendiri.

Contohnya adalah seperti partisipasi dalam Bimas, menjadi akseptor KB, menabung uang di bank dan lain sebagainya.

Dalam pelaksanaan pembangunan, peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam berpartisipasi pada proses pembangunan. Partisipasi merupakan keterlibatan secara aktif masyarakat dan bisa juga dikatakan keterlibatan dalam proses penentuan arah, strategi kebijaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja arti partisipasi menurut para ahli, arti masyarakat menurut para pakar dan apa saja pengertian partisipasi masyarakat menurut para ahli dan pakar, dapat kalian temukan pada halaman sebagai berikut dibawah ini.

Baca ini :

Dengan adanya partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan, bertujuan agar masyarakat lebih memahami seluk beluk pembangunan dan ikut merasakan ambil bagian dalam memanfaatkan hasil dari pembangunan tersebut.

Demikian pembahasan mengenai #2 tipe partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan menurut ahli dan pakar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui tipe-tipe partisipasi masyarakat, model partisipasi masyarakat dan macam-macam partisipasi masyarakat pada proses pembangunan.

Daftar pustaka

Koentjaraningkrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : PT. Gramedi.
Loading...
Loading...