Pengertian Mengabstraksi Teks Pantun

Loading...
Pengertian mengabstraksi teks pantun akan dibahas secara lengkap pada materi pelajaran bahasa indonesia sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan yakni tentang arti apa itu mengabstraksi teks pantun dan contoh abstraksi teks pantun yang akan di bahas didalam materi pendidikan bahasa indonesia lebih detail adalah antara lain :

1. Definisi mengabstraksi teks pantun.
2. Contoh mengabstraksi teks pantun.

Makna mengabstraksi pantun

Mengabstraksi teks pantun adalah menyederhanakan suatu isi dari sebuah teks pantun menjadi lebih sempit atau dengan kata lain bahwa meringkas isi teks pantun kedalam bentuk yang terbilang lebih singkat dan padat. Oleh karena itu dengan mengabstraksi, maka sebuah teks akan menjadi lebih singkat dan sederhana, baik dari segi suku kata maupun baris dan makna.
Pengertian Mengabstraksi Teks Pantun
Mengabstraksi Teks Pantun

Mengabstraksi teks pantun dapat dilakukan dengan cara yang diantaranya adalah seperti membaca pantun dengan cermat dan selanjutnya pilih beberapa kata-kata yang dianggap penting, kemudian setelah itu kata-kata yang telah disortir penting disusun kembali kedalam satu kalimat.

Adapun jika kalian ingin mengetahui letak dimana posisi kata-kata yang tergolong penting pada sebuah teks pantun, biasanya kata-kata penting tersebut terdapat pada posisi baris ketiga dan keempat. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian perhatikan pada contoh teks pantun yang akan diuraikan dibawah ini.


Contoh mengabstraksi teks pantun

Simaklah kutipan pantun berikut ini dan akan di abstraksi masing-masing pantun tersebut dengan lengkap, berikut penjelasannya.

BERBURU KE PADANG DATAR
MENDAPAT RUSA BELANG KAKI
BERGURU KE PALANG AJAR
BAGAI BUNGA KEMBANG TAK JADI
Abstraksinya adalah : Orang yang menuntut ilmu tidak tuntas seperti bunga yang tidak jadi mekar.

POHON SALAH BANYAK BEDURI
MUSANG BEKAIS DI TEPI GUA
KAWAN GELAK MUDAH DI CARI
TEMAN MENANGIS JANGAN BERSUA
Abstraksinya adalah : Teman untuk bersuka-sukaan mudah di cari teman berduka susah di cari.

Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan belajar mengabstraksi teks pantun seperti yang telah dijelaskan diatas adalah kalian akan mengetahui letak isi penting sebuah pantun dan bisa meringkas pantun menjadi lebih sederhana baik dari segi suku kata maupun makna.

Baca juga : Cara Menganalisis Teks Pantun

Demikian pembahasan mengenai pengertian mengabstraksi teks pantun, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui apa itu mengabstraksi teks pantun, cara mengabstraksi teks pantun dan contoh mengabstraksi teks pantun serta membuat abstraksi teks pantun.
Loading...
Loading...