Kromosom (Pengertian, Fungsi Dan Susunannya)

Loading...
Pengertian, fungsi dan susunan kromosom akan dibahas dengan lengkap pada materi pelajaran biologi sebagai berikut ini. Adapun point-point pokok pembahasan tentang apa itu kromosom, makna kromosom, arti kromosom, apa saja fungsinya serta bagaimana susunan kromosom yang akan dibahas didalam materi pendidikan biologi adalah antara lain :

1. Definisi kromosom.
2. Fungsi kromosom.
3. Susunan kromosom.

Pengertian kromosom

Kromosom adalah struktur yang berbentuk benang dan tersusun atas kromatin. Kromosom berasal dari bahasa latin yakni chroma yang berarti warna dan soma yang berarti badan. Awal mula kromosom dikemukakan oleh W. Waldanger dan kromosom terdapat pada inti sel.
Kromosom (Pengertian, Fungsi Dan Susunannya)
Kromosom laki-laki dan perempuan

Fungsi kromosom

Kromosom berfungsi membawa sifat individu dan membawa informasi genetika karena mengandung gen. Umumnya kromosom di temukan dalam keadaan berpasangan, sehingga pasangan kromosom tersebut disebut dengan kromosom homolog.

Kemudian pada pasangan kromosom homolog, terdapat pasangan lokal yang berada didalam satu garis horizontal yang dinamakan dengan sebutan lokus yang bersesuaian.

Adapun ukuran dari kromosom yang terdapat pada mahkluk hidup panjangnya adalah 0,2 hingga 50 mikron dan diameternya adalah 0,2 hingga 20 mikron. Suatu kromosom akan berpasangan dengan kromosom lainnya yang mempunyai kesamaan dalam kategori bentuk, ukuran dan jumlah jenis gen yang dikandung.

Susunan kromosom

Dibawah ini akan diuraikan satu persatu susunan kromosom yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

a. Pada organisme prokariotik
1. Berupa RNA saja dijumpai pada virus mozaik (tembakau).
2. Berupa DNA saja dijumpai pada virus T (Bakteriofag : virus yang menyerang bakteri).
3. Berupa DNA dan RNA dijumpai pada balteri Escherichia coli.

b. Pada organisme eukariotik
1. DNA sekitar 35% dari keseluruhan kromosom.
2. RNA sekitar 5% dari keseluruhan kromosom.
3. Protein ada 2 macam yaitu protein histon dan protein non histon.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, fungsi dan susunan kromosom, semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi untuk kalian didalam mencari tahu informasi mengenai definisi kromosom, apa itu kromosom, makna kromosom, arti kromosom, apa saja fungsi kromosom serta bagaimana struktur susunan kromosom.
Loading...
Loading...