Pengertian, Ciri-Ciri Dan Syarat Interaksi Sosial

Loading...
Pengertian, ciri-ciri dan syarat interaksi sosial akan diuraikan secara lengkap pada materi pelajaran ilmu sosiologi sebagai berikut ini. Adapun point pokok pembahasan yang akan dijelaskan seputar interaksi sosial yakni apa arti interaksi sosial, ciri-ciri dan contoh interaksi sosial serta syarat terjadinya interaksi sosial, sehingga uraian materi ips dibawah akan dikelompokkan menjadi tiga bagian pokok yang akan dibahas adalah sebagai berikut :

1. Pengertian interaksi sosial.
2. Ciri-ciri interaksi sosial.
3. Syarat terjadinya interaksi sosial.

Definisi interaksi sosial

Makna interaksi sosial adalah suatu hubungan yang berupa tindakan dengan berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan di terapkan di dalam masyarakat yang berifat dinamis. Dengan adanya aturan-aturan (norma) dan juga nilai-nilai, maka interaksi sosial akan berlangsung dengan baik.
Pengertian, Ciri-Ciri Dan Syarat Interaksi Sosial

Adapun contoh interaksi sosial secara umum adalah kehidupan sehari-hari manusia yang tentu saja tidak lepas dari komunikasi antara manusia satu dengan manusia yang lainnya. Apabila tidak ada interaksi dalam kehidupan sehari-hari, maka tidak ada kehidupan bersama di dalam suatu masyarakat.

Dengan kata lain pengertian interaksi sosial dan contohnya juga dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

Dengan interaksi sosial tentu saja akan menghasilkan proses pengaruh dan mempengaruhi yang akan memperoleh hubungan tetap, sehingga terjadilah pembentukan struktur sosial. Jadi, interaksi sosial adalah suatu hal yang sangat penting di dalam masyarakat yang dikarenakan adanya kompleksitas dari kebutuhan masyarakat setiap harinya.

Ciri-ciri interaksi sosial

Terdapat ciri-ciri tertentu yang akan menjelaskan mengenai interaksi sosial yang diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Jumlah pelakunya lebih dari satu individu.
2. Terjadinya komunikasi secara langsung diantara pelaku melalui kontak sosial.
3. Memiliki maksud tertentu atau tujuan yang jelas.
4. Dilakukan melalui suatu pola sistem sosial tertentu.

Syarat terjadinya interaksi sosial

Interaksi sosial tidak akan pernah terjadi tanpa adanya dua syarat yakni kontak sosial dan komunikasi. Adapun kedua syarat itu akan dijelaskan secara lengkap yakni sebagai berikut :

1. Kontak sosial
Kontak terjadi apabila berlangsung sentuhan antar anggota tubuh (secara fisik) dan juga kontak dapat terjadi tanpa sentuhan fisik misalnya ketika bertelepon, surat-menyurat dan lain-lain. Kontak sosial hanya dapat berlangsung dengan kehadiran dua individu yang sadar akan kedudukan masing-masing, dalam arti kontak membutuhkan kerja sama kedua belah pihak.

Didalam kehidupan sehari-hari wujud kontak sosial dapat dibedakan menjadi kontak antar individu, kontak antar kelompok dan kontak antar individu dengan kelompok. Selain itu kontak sosial dapat dilihat dari segi sifatnya yakni kontak positif yang biasanya mengarah ke pada kerja sama dan kontak negatif yang biasanya mengarah ketegangan atau pertentangan.

2. Komunikasi
Komunikasi adalah hubungan atau bergaul dengan orang lain. Komunikasi lebih ditekankan bagaimana proses pesan langsung disampaikan. Dengan arti komunikasi juga merupakan suatu proses penyampaian pesan dari pihak satu ke pihak lainnya.

Selain itu, suatu kontak juga dapat terjadi tanpa adanya komunikasi, misalnya individu yang tengah berbicara dengan menggunakan bahasa daerah jawa kepada orang hanya mengerti bahasa jawa. Dalam proses tersebut, kontak sosial telah terjadi, hanya saja mereka tidak berkomunikasi dikarenakan salah satu peserta komunikasi tidak dapat memahami apa yang akan di sampaikan oleh yang lain.

Ada 5 unsur penting dalam sebuah komunikasi, kelima unsur itu yakni antara lain sebagai berikut :

* Komunikator
* Komunikan
* Pesan
* Media
* Efek

Selain unsur penting ada pula tahap-tahap dalam sebuah proses komunikasi yakni antara lain seperti :

* Encoding
* Penyampaian
* Decoding

Demikian pembahasan tentang pengertian, ciri-ciri dan syarat interaksi sosial. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi informasi dalam mengetahui apa itu interaksi sosial, pengertian interaksi sosial, makna interaksi sosial, definisi interaksi sosial, ciri-ciri dan contoh interaksi sosial dan syarat terjadinya interaksi sosial.
Loading...
Loading...